eprintid: 65963 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/59/63 datestamp: 2024-07-16 07:25:30 lastmod: 2024-07-16 07:25:30 status_changed: 2024-07-16 07:25:30 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Ammi Thoibah Nasution, NIM.: 22204081010 title: PENGARUH INTEGRASI MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ispublished: pub subjects: 302.23 divisions: jur_pgmi2 full_text_status: restricted keywords: Social Media; YouTube; Indonesian Language; kreativitas note: Pembimbing; Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd. abstract: Media sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, termasuk dalam konteks pendidikan. Pada pendidikan sekolah dasar, tantangan kemampuan komunikasi dan kreativitas siswa menjadi perhatian utama. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh integrasi media sosial, khususnya YouTube, terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan kreativitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Negeri Ngupasan Yogyakarta. Observasi awal ditemukan rendahnya kemampuan komunikasi dan banyak kesulitan dalam menghasilkan ide-ide kreatif siswa sehingga menjadi kendala dalam mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, Integrasi media sosial YouTube dalam pembelajaran diharapkan dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan kreativitas siswa. Jenis penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif atau pendekatan eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain pretest-posttest control group design. Fokusnya adalah untuk menganalisis pengaruh media sosial YouTube dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan kreativitas siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Ngupasan Yogyakarta. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan angket. Teknik analisis data melalui uji prasyarat, uji statistik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar pengaruh Integrasi Media Sosial YouTube terhadap kemampuan komunikasi dan kreativitas siswa dengan nilai yang signifikan < 0,05 yaitu 0,001< 0,05. Maka Ha diterima yakni terdapat pengaruh antara integrasi media sosial YouTube terhadap kemampuan komunikasi dan kreativitas siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa integrasi media sosial YouTube memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi dan kreativitas siswa di Sekolah Dasar Negeri Ngupasan Yogyakarta. date: 2024-04-29 date_type: published pages: 183 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Ammi Thoibah Nasution, NIM.: 22204081010 (2024) PENGARUH INTEGRASI MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65963/1/22204081010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65963/2/22204081010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf