TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, S.Pd., M.Pd. ID - digilib65965 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65965/ A1 - Yuliana Putri Prastyaningsih, NIM.: 22204081024 Y1 - 2024/04/29/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan model pembelajaran berbasis project based learning pada kurikulum merdeka apakah dapat mempengaruhi motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas IV SDN Babarsari rendahnya motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh model pembelajaran projek based learning terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV di SDN Babarsari Sleman. 2) pengaruh model pembelajaran projek based learning terhadap berpikir kritis peserta didik kelas IV di SDN Babarsari Sleman. 3) pengaruh model pembelajaran projek based learning terhadap motivasi belajar dan berpikir kritis peserta didik kelas IV di SDN Babarsari Sleman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan pendekatan eskperimen semu (quasi-eksperiment) dengan desain pretest-posttest. Fokusnya adalah untuk menganalisi pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap motivasi belajar dan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran Basaha Indonesia di SDN Babarsari Yogyakarta. Sampel penelitian ini teriri dari satu kelas yaitu kelas IVA. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan angket. Teknis analisis data melalui uji prasyarat, uji statistika dan uji hipotesis. Penelitian ini menunjukkan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Babarsari: 1) pjbl berpengaruh terhadap motivasi belajar, hal ini dapat dilihat pada uji T yang menggunakan bantuan program SPSS versi 21 nilai motivasi belajar Sig.(2-tailed) yaitu sejumlah 0,000 < 0,05, Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan bahwa Ha diterima. 2) pjbl berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis, hal ini dapat dilihat pada uji T yang menggunakan bantuan program SPSS versi 21 nilai motivasi belajar Sig. (2-tailed) yaitu sejumlah 0,000 < 0,05. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan bahwa Ha diterima. 3) Hasil uji T menunjukkan bahwa model pembelajaran project based learning terhadap motivasi belajar dan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV, dengan nilai sig. 0,000 menunjukkan bahwa lebih kecil dari 0,05 sig. (0,000 < 0,05). Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga menggunakan model pembelajaran project based learning memiliki pengaruh pada motivasi belajar dan berpikir kritis peserta didik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Learning Motivation; PJBL Learning Model; Elementary School M1 - masters TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR AV - restricted EP - 169 ER -