TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. H. Karwadi, S.Ag., M.Ag. ID - digilib65968 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65968/ A1 - Laili YatulMuyassaroh, NIM: 22204091024 Y1 - 2024/05/20/ N2 - Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, penting bagi pendidik untukmengakui peran dari kurikulummerdeka dan literasi digital. Kedua konsep ini membawa pendidikan menuju arah yang lebih inklusif, relevan dan sesuai dengan kebutuhan siswa di era digital ini. Dengan mengintegrasikan kurikulum merdeka dan literasi digital, pendidik dapat mempersiapkan generasi muda yang berfikiran terbuka, siap menghadapi perubahan dan mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran manajemen kurikulum merdeka dalam meningkatkan literasi digital di SMA IT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode observasi. Data akan dikumpulkan melalui analisis hasil observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Kemudian diuji keabsahannya dengan melakukan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa manajemen kurikulum merdeka dalam meningkatkan literasi digital di SMA IT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo berhasil mengintegrasikan kurikulum nasional dan kepesantrenan melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Keberhasilan ini tercermin dalam komitmen yang kuat untuk memperkuat literasi digital siswa, kustomisasi kurikulum dan mengembangkan keterampilan guru dalam mengajar literasi digital terutama di kelas 10, seperti pembelajaran berbasis digital, evaluasi penilaian, penggunaan aplikasi LMS, Quiziz, Kahoot dalam pembelajaran, mengerjakan jurnal, majalah untuk dimuat dimajalah sekolah dan mengumpulkan tugas berbentuk digital hal ini dilakukan. Integrasi komprehensif dalam pembelajaran, dukungan pada kegiatan ekstrakurikuler, dan evaluasi terhadap efektivitas program menjadi kunci kesuksesan. Dukungan penuh dari pelatihan khusus untuk guru, keprofesian berkelanjutan, serta infrastruktur teknologi memastikan terwujudnya lingkungan pembelajaran yang responsif terhadap era digital. Penelitian ini dapat memperkuat literasi digital siswa dan mengintegrasikan kurikulum dengan baik. Diharapkan upaya-upaya dalam mengkustomisasi kurikulum, mengembangkan keterampilan guru, serta memfasilitasi pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler terus dilakukan dengan berkelanjutan. Selain itu, evaluasi yang terus-menerus terhadap efektivitas program agar perbaikan dan penyesuaian dapat dilakukan secara tepat. Semua hal ini diharapkan dapat menjaga keberhasilan dan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam menghadapi tantangan era digital di masa yang akan datang. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Curriculum Management; Independent Learning; Digital Literacy M1 - masters TI - MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DI SMA IT ABU BAKAR BOARDING SCHOOL KULON PROGO AV - restricted EP - 206 ER -