eprintid: 65986 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/59/86 datestamp: 2024-07-17 04:59:40 lastmod: 2024-07-17 04:59:40 status_changed: 2024-07-17 04:59:40 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Vega Bintang Rizky, NIM.: 22204081007 title: ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN IPAS DALAM MENUMBUHKAN SIKAP KERJASAMA DAN KREATIVITAS SISWA ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: jur_pgmi2 full_text_status: restricted keywords: Project-Based Learning Model; Cooperation Attitude; IPAS Learning note: Pembimbing: Dr. Zainal Arifin Ahmad, M. Ag. abstract: Pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu model pembelajaran abad-21 yang efektif dalam memfasilitasi pengembangan keterampilan siswa, termasuk sikap kerjasama dan kreativitas. Hasil obervasi dan wawancara mengungkapkan rendahnya sikap kerjasama dan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lempuyangan 1. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran IPAS yang dilakukan guru dalam Menumbuhkan Sikap Kerjasama dan Kreativitas Siswa Kelas IV SD Negeri Lempuyangan 1. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Lempuyangan 1. Sumber data pada penelitian ini yaitu siswa kelas IVB, guru kelas dan kepala Sekolah di SD Negeri Lempuyangan 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini untuk menguji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data dengan teknik triangulasi. Teknik triangulasi data dibagi menjadi tiga yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, hasil reduksi data dan penyajian data maka hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan Model PjBL pada pembelajaran IPAS yang dilakukan guru telah terbukti efektif dalam menumbuhkan sikap kerjasama dan kreativitas siswa kelas IV sekolah dasar Negeri Lempuyangan 1. Efektivitas penerapan model PjBL yang dilakukan guru juga sejalan dengan teori yang digunakan dalam penelitian. Faktor pendukung penerapan Model PjBL pada pembelajaran IPAS menurut guru dalam menumbuhkan sikap kerjasama dan kreativitas siswa meliputi dukungan dari guru yang terlatih, ketersediaan sumber daya yang memadai, dan kebijakan sekolah yang mendukung inovasi dalam pembelajaran. Kemudian faktor penghambat menurut dalam penerapan model PjBL yaitu keterbatasan waktu dan ketersediaan sumber belajar, selain itu kurangnya pemahaman tentang model ini menyebabkan ketidakpercayaan atau resistensi terhadap perubahan metode pembelajaran. date: 2024-05-28 date_type: published pages: 192 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Vega Bintang Rizky, NIM.: 22204081007 (2024) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN IPAS DALAM MENUMBUHKAN SIKAP KERJASAMA DAN KREATIVITAS SISWA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65986/1/22204081007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65986/2/22204081007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf