eprintid: 65990 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/59/90 datestamp: 2024-07-17 06:22:22 lastmod: 2024-07-17 06:22:22 status_changed: 2024-07-17 06:22:22 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Syariful Anam, NIM.: 22204085006. title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUTOPLAY STUDIO UNTUK MENUNJANG KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 4 SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: 372.2 subjects: med_pemb divisions: jur_pgmi2 full_text_status: restricted keywords: interactive learning; autoplay studio; independent curriculum; elementary school note: Pembimbing: Prof. Dr. Istiningsih, M.Pd. abstract: Perubahan kurikulum yang terus terjadi sesuai dengan perkembangan zaman berdampak pada proses pembelajaran di sekolah dasar. Pembelajaran yang interaktif menjadi jembatan antara guru dan siswa agar tujuan pendidikan tersampaikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis autoplay studio untuk menunjang kurikulum merdeka pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas 4 sekolah dasar; 2) Mengetahui respon siswa dalam pembelajaran interaktif berbasis autoplay untuk menunjang kurikulum merdeka pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas 4 sekolah dasar. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development ( R&D ) dengan menggunakan model pengembangan Robert Maribe Branch yaitu ADDIE. Instrumen pengumpulan data berupa lembar angket, wawancara, dokumentasi dan lembar pretest dan posttest. Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk, yaitu "Media Pembelajaran Interaktif berbasis Autoplay Studio", yang bertujuan untuk mendukung kurikulum merdeka pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas 4 sekolah dasar. Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan rata-rata skor sebesar 3,9 dengan kategori "baik", yang setara dengan presentase 89%. Sementara itu, dari ahli media, produk ini mendapatkan rata-rata skor 4,8 dengan kategori "sangat baik", yang mencerminkan presentase respon sebesar 96%. Respons dari para guru juga sangat positif, dengan rata-rata skor 4,7 dan kategori "sangat baik", serta presentase respon sebesar 95%. Adapun untuk respon siswa, menunjukkan presentase 87% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil uji t menggunakan Paired Sample T-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00<0,05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan autoplay studio. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaaran interaktif berbasis autoplay studio pada mata pelajaran bahasa indonesia materi bertukar efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa kelebihan dari pembelajaran interaktif berbasis autoplay studio pada mata pelajaran bahasa indonesia dapat membuat siswa tertarik dan antusias dalam pembelajaran dari tampilannya yang variatif. Dari hasil temuan tersebut, penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis autoplay mampu mendukung pelaksanaan kurikulum merdeka pada mata pelajaran bahasa indonesia segi proses belajar siswa dari aspek pembelajaran teknologi, serta mendorong keterlibatan aktif siswa di dalam kelas. date: 2024-05-21 date_type: published pages: 216 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Syariful Anam, NIM.: 22204085006. (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUTOPLAY STUDIO UNTUK MENUNJANG KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65990/1/22204085006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65990/2/22204085006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf