eprintid: 66009 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/60/09 datestamp: 2024-07-18 01:34:28 lastmod: 2024-07-18 01:34:28 status_changed: 2024-07-18 01:34:28 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Zulfa Azizah, NIM.; 22204091020 title: MANAJEMEN KURIKULUM RISET BERBASIS MINAT PESERTA DIDIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER BERFIKIR KRITIS DI SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 375 divisions: mpi_s2 full_text_status: restricted keywords: Curriculum; Learning Cycle; Character note: Pembimbing: Dr. H. Karwadi, S.Ag, M.Ag abstract: Kebanyakan pendidikan di Indonesia memberikan kurikulum padat pada siswanya, maka dari itu diciptakanlah pendidikan alternatif yang merupakan bentuk pendidikan yang berbeda dari pendidikan formal dengan prinsip pendidikan yang berpusat pada anak dan kurikulum fleksibel yang membebaskan para peserta didiknya untuk berkreasi terhadap lingkungan disekitarnya. Selain itu pendidikan alternatif juga dinilai lebih efektif dalam membentuk karakter siswa yang bebas dan kreatif dalam mengembangkan potensinya dan karakter peserta didik karena di dalamnya peserta didik diajarkan untuk bekerja sama, komunikasi yang efektf, tanggung jawab dan dapat memecahkan masalahnya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan kurikulum daur belajar siswa di Sanggar Anak Alam (SALAM) Yogyakarta dan kontribusi SALAM dalam membentuk karakter siswa dengan kurikulum yang diterapkan. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian diuji keabsahannya dengan melakukan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu bahwa desain kurikulum riset SALAM ini menggunakan daur belajar dengan tetap menerapkan pilar SALAM yaitu pangan, kesehatan, lingkungan hidup dan sosial budaya, yang mana kurikulum riset ini peserta didik dilatih untuk mengidentifikasi masalah yang sesuai minat bakat dan relevan dengan kehidupan mereka. SALAM menerapkan manajemen kurikulum riset daur belajar melalui langkah-langkah seperti perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaannya siswa dapat melakukan risetnya dengan mengambil peristiwa sehari-harinya dengan mengamati dan menganalisis aktivitas dan interaksi yang terjadi pada sehari-hari di lingkungan sekitar dengan pengawasan fasilitator, orang tua dan masyarakat. Selanjutnya proses pembelajaran tersebut di evaluasi dengan diskusi reflektif yang dilakukan seminggu sekali untuk mengevaluasikan kendala peserta didik bersama orang tua dalam melakukan risetnya dan untuk evaluasi kurikulumnya tetap memperhatikan aspek pengajaran dan pembelajaran sesuai dengan nilai-nilai SALAM meliputi pengukuran pencapaian akademis peserta didik, perkembangan ketrampilan sosial dan emosional serta partisipasi peserta didik dalam kegiatan belajar Kontribusi kurikulum riset daur belajar ini mendorong dalam pembentukan karakter peserta didik yang berfikir kritis dengan melakukan beberapa kegiatan seperti project-based learning, pendekatan intersidisipliner, problem-based learning, pengembangan ketrampilan, pembelajaran berbasis komunitas, pembelajaran aktif dan partisipatif. date: 2024-05-29 date_type: published pages: 213 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Zulfa Azizah, NIM.; 22204091020 (2024) MANAJEMEN KURIKULUM RISET BERBASIS MINAT PESERTA DIDIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER BERFIKIR KRITIS DI SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66009/1/22204091020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66009/2/22204091020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf