@mastersthesis{digilib66014, month = {May}, title = {STRATEGI KEPEMIMPINAN TRANSFORMA TIF KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD MUHAMMADIYAH SIDOARUM}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 22204091005 Ziana Maulida Savira}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Dr. H. Sumedi, M.Ag}, keywords = {Transformative Leadership; Teacher Performance; pendidik}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66014/}, abstract = {SD Muhammadiyah Sidoarum, yang didirikan pada tahun 1977, t elah mengalami banyak transformasi sejak kepemimpinan baru pada tahun 2012. Sebelum itu, sekolah ini memiliki jumlah siswa yang sedikit dan fasilitas yang kurang memadai. Sebagai sekolah swasta yang dikelola oleh Organisasi Masyarakat Islam, meningkatkan k ualitas sekolah menghadapi banyak tantangan, terutama dalam meningkatkan kinerja guru. Transformasi terlihat dari kemajuan sekolah yang berhasil naik dari peringkat 29 dari 31 sekolah di Kecamatan Godean pada tahun ajaran 2012/2013 menjadi peringkat 2. Tes is ini menyoroti strategi kepemimpinan transformatif kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Muhammadiyah Sidoarum. Penelitian ini bertujuan untuk: ( Menganalisis implementasi strategi kepemimpinan transformatif oleh Kepala Sekolah dalam men ingkatkan kinerja guru di SD Muhammadiyah Sidoarum . ( Me ngidentifikasi dampak dari strategi kepemimpinan transformatif tersebut terhadap peningkatan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengu mpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, serta 5 guru dengan masa kerja lebih lama dari kepala sekolah , observasi, dan analisis dokumen. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik pengumpulan data, kondensas i data, display data, dan verifikasi untuk mengidentifikasi pola dan hubungan dalam data. Untuk mendapatkan data yang valid peneliti meg gunakan Uji validitas data dengan triangulasi data sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan transformati f kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Muhammadiyah Sidoarum dilakukan pada keempat aspek kepemimpinan transformatif yang meliputi: (1) Pengaruh ideal: Menunjukkan keteladanan, komunikasi efektif, membentuk sistem internal. (2) Motivasi yan g menginspirasi: Motivasi dengan pencapaian, motivasi dalam evaluasi mingguan, pemberian reward dan apresiasi. (3) Stimulasi intelektual: Pembinaan dan keterbukaan ruang eksplorasi guru, pelaksanaan program CIBI (Cerdas Istimewa Bakat Istimewa). (4) Pertim bangan individual: Menyediakan fasilitas, pemberdayaan dan pengembangan guru. Strategi yang diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru berdampak pada peningkatan prestasi siswa, pengembangan profesional berkelanjutan, peningkatan motivasi da n komitmen guru, peningkatan kualitas pengajaran, pelaksanaan peningkatan mutu dan kesejahteraan, serta meningkatnya reputasi sekolah.} }