<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONTEKSTUALISASI PENAFSIRAN QS. AL-MUJADALAH [58]: 8-10 DENGAN PENDEKATAN MA’NA CUM MAGHZA"^^ . "Problem yang biasa timbul dari suatu lingkungan yang didalamnya terdiri dari beragam jenis identitas masyarakat ialah cara untuk mengatur keserasian hidup antarsesama. Rasulullah juga pernah mengalami hal demikian ketika ia hijrah ke kota Madinah dan hal ini tercatat pada Q.S. Al Mujadalah [58]: 8-10. Pada ayat ini kaum Yahudi dan Munafik sering melakukan perbuatan najwa (pembicaraan rahasia) yang didalamnya mengandung is|m (perbuatan dosa)‘udwan (agresi) dan ma’s}iat (pelanggaran). Disisi lain ayat ini memberi pesan etika sosial untuk menjaga keharmonisan diddalam kehidupan yang beragam. Melalui ayat tersebut dengan pendekatan ma’na cum maghza penulis mencoba menggali pemaknaan ayat tersebut untuk digunakan pada kondisi sekarang yang mana kebebasan berekspresi ditengah tengah kehidupan sosial yang multicultural dan multirasial bisa diterapkan dengan bijak. Untuk itu penelitian ini memiliki persoalan, pertama, Bagaimana bentuk ma’na historis (al ma’na at-tarikhi) QS. Al-Mujadalah [58]: 8-10 Kedua, Bagaimana bentuk signifikansi fenomenal historis (al maghza at-tarikhi) QS. Al-Mujadalah [58]: 8-10 Ketiga, Bagaimana bentuk signifikansi fenomenal dinamis (al-maghza al-mutaharrik) QS. Al-Mujadalah [58]: 8-10\r\nPenelitian ini merupakan sebuah studi pustaka yang menggunakan model interpretasi ayat Al-Qur'an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-analitis. Pendekatan yang digunakan ialah dengan teori ma’na cum maghza, penelitian ini menganalisis ayat QS. Al-Mujadalah [58]: 8-10. Penelitian ini secara garis besar akan mengungkap al maghza at-tarikhi fungsinya untuk mengetahui pesan ayat dimasa ayat tersebut diturunkan, kemudian pesan ayat tersebut akan dikontekstualisasikan dengan kebutuhan zaman sekarang, ini disebut dengan al-maghza mutaharrik al-mu’asir\r\nKesimpulan dari temuan peelitian ini terbagi kedalam tiga bagian. Pertama, Dalam analisis makna historis al-ma’na at-tarikhy QS. Al-Mujadalah [58]: 8-10. 1) Najwa atau percakapan rahasia yang dilarang ialah yang mengandung dosa, agresi dan hal maksiat. 2) sedangkan najwa yang diperbolehkan ialah yang condong kearah al-birr dan taqwa. 3) jangan sampai perbuatan dosa agresi dan kemaksiatan kaum Yahudi dan Munafik membuat kita bersedih. Kedua, al maghza at-tarikhi 1. Etika sosial yang perlu diterapkan dalam kehidupan yang multi kultur. 2) Menjaga tutur kata dari lisan yang harus diarahkan pada hal-hal kebaikan dan taqwa. 3) ketegaran dalam menghadapi kesedihan. Ketiga, Signifikansi fenomenal dinamis QS. Al-Mujadalah [58]: 8-10 ialah, dalam konteks kehidupan sosial Abad 21 sekarang kehidupan yang multikultur dan multiras memberijaminan hak kebebasan berekspresi. Namun kebebasan berekspresi tidak mesti menampilkan sisi gelap akan kebebasan yang benar-benar liberal. Melainkan patut menghargai satu dengan yang lainnya dalam mengekspresikan kebebasan tersebut. Untuk menghindari kesakit hatian serta diskriminasi yang mudah terjadi pada konteks lingkungan yang multi kultur dan multiras sepatutnya kita menghadirkan dialog yang ramah, sopan, tenggang rasa dan menjauhi diskriminasi antar golongan agar terciptanya kehidupan yang mampu berkolaborasi dalam menjaga perdamaian."^^ . "2024-02-26" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, STUDI AGAMA DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 20205032026"^^ . "Rizqi Akbar Maulana"^^ . "NIM.: 20205032026 Rizqi Akbar Maulana"^^ . . . . . . "KONTEKSTUALISASI PENAFSIRAN QS. AL-MUJADALAH [58]: 8-10 DENGAN PENDEKATAN MA’NA CUM MAGHZA (Text)"^^ . . . . . "20205032039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONTEKSTUALISASI PENAFSIRAN QS. AL-MUJADALAH [58]: 8-10 DENGAN PENDEKATAN MA’NA CUM MAGHZA (Text)"^^ . . . . . "KONTEKSTUALISASI PENAFSIRAN QS. AL-MUJADALAH [58]: 8-10 DENGAN PENDEKATAN MA’NA CUM MAGHZA (Other)"^^ . . . . . . "KONTEKSTUALISASI PENAFSIRAN QS. AL-MUJADALAH [58]: 8-10 DENGAN PENDEKATAN MA’NA CUM MAGHZA (Other)"^^ . . . . . . "KONTEKSTUALISASI PENAFSIRAN QS. AL-MUJADALAH [58]: 8-10 DENGAN PENDEKATAN MA’NA CUM MAGHZA (Other)"^^ . . . . . . "KONTEKSTUALISASI PENAFSIRAN QS. AL-MUJADALAH [58]: 8-10 DENGAN PENDEKATAN MA’NA CUM MAGHZA (Other)"^^ . . . . . . "KONTEKSTUALISASI PENAFSIRAN QS. AL-MUJADALAH [58]: 8-10 DENGAN PENDEKATAN MA’NA CUM MAGHZA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONTEKSTUALISASI PENAFSIRAN QS. AL-MUJADALAH [58]: 8-10 DENGAN PENDEKATAN MA’NA CUM MAGHZA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONTEKSTUALISASI PENAFSIRAN QS. AL-MUJADALAH [58]: 8-10 DENGAN PENDEKATAN MA’NA CUM MAGHZA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONTEKSTUALISASI PENAFSIRAN QS. AL-MUJADALAH [58]: 8-10 DENGAN PENDEKATAN MA’NA CUM MAGHZA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #66047 \n\nKONTEKSTUALISASI PENAFSIRAN QS. AL-MUJADALAH [58]: 8-10 DENGAN PENDEKATAN MA’NA CUM MAGHZA\n\n" . "text/html" . . . "297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir" . .