eprintid: 66061 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/60/61 datestamp: 2024-07-19 02:02:16 lastmod: 2024-07-19 02:02:16 status_changed: 2024-07-19 02:02:16 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Mardan Erwinsyah, NIM.: 22204085011 title: TRANSFER OF LEARNING MELAUI MODEL STEM DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI MADRASAH IBTIDAIYAH ispublished: pub subjects: 371.36 divisions: jur_pgmi2 full_text_status: restricted keywords: Islamic Primary School; Science Learning; STEM note: Pembimbing: Prof. Dr. Istiningsih, M.Pd. abstract: Pendidikan sains di madrasah ibtidaiyah perlu ditingkatkan untuk menumbuhkan pemahaman ilmiah dan kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) menawarkan solusi inovatif untuk meningkatkan transfer of learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi dan kesiapan guru dalam menerapkan model STEM, serta dampaknya terhadap keterampilan abad ke-21 dan pembelajaran siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model STEM dalam pembelajaran sains di madrasah ibtidaiyah di Kota Yogyakarta. Penelitian ini fokus pada tiga aspek: (1) penerapan Model STEM dalam pembelajaran Sains di Madrasah Ibtidaiyah, (2) Proses transfer of learning terjadi dalam pembelajaran sains dengan model STEM, (3) keterampilan STEM yang ditumbuhkan melalui pembelajaran sains. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini melibatkan 12 guru yang mengajar materi pembelajaran sains pada kelas V, V, VI di Madrasah Ibtidaiyah kota Yogyakarta, yaitu MIN 1 Yogyakarta, MIS Al Islam, MIS Ma'had Islamy dan MI Nurul Ummah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai data pendukung penelitian. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi yang kemudian dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan pada tahap terakhir ialah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, transfer of learning melalui model STEM dapat meningkatkan pemahaman konsep sains dan kemampuan berpikir kritis siswa. Model STEM terbukti efektif dalam menumbuhkan minat dan motivasi siswa untuk belajar sains. Guru-guru di madrasah ibtidaiyah menunjukkan kemampuan yang cukup baik dalam menerapkan skill yang terkait dengan model STEM. Mereka mampu mengintegrasikan sains, teknologi, engineering, dan matematika dalam pembelajaran, serta merancang pembelajaran yang berpusat pada siswa. Model STEM terbukti memiliki dampak inovatif dalam pembelajaran sains. Model ini meningkatkan kreativitas dan kemampuan problem solving siswa, serta mendorong siswa untuk berpikir kritis. Penelitian ini menunjukkan bahwa model STEM dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sains di madrasah ibtidaiyah. date: 2024-05-06 date_type: published pages: 263 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Mardan Erwinsyah, NIM.: 22204085011 (2024) TRANSFER OF LEARNING MELAUI MODEL STEM DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66061/1/22204085011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66061/2/22204085011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf