eprintid: 66062 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/60/62 datestamp: 2024-07-19 02:09:11 lastmod: 2024-07-19 02:09:11 status_changed: 2024-07-19 02:09:11 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Syaifudin, NIM.: 22204085016 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KOMIK BERDIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KARAKTER PESERTA DIDIK ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: jur_pgmi2 full_text_status: restricted keywords: math learning media; comics; learning motivation; cooperative learning note: PEmbimbing: Dr. Endang sulistyowati, M.Pd.I abstract: Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan media komik matematika berdimensi profil pelajar Pancasila yang dapat meningkatkan motivasi belajar matematika dan karakter peserta didik; 2) Mengetahui kelayakan media komik matematika berdimensi profil pelajar Pancasila yang dapat meningkatkan motivasi belajar matematika dan karakter peserta didik; 3) Mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika menggunakan media komik matematika berdimensi profil pelajar Pancasila; 4) Mengetahui peningkatan karakter peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media komik matematika berdimensi profil pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu; Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, lembar validasi dan angket/kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil wawancara dan observasi. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk melihat perbedaan skor pretest dan posttest pada angket motivasi dan karakter peserta didik dengan menggunakan uji paired sample t-test berbantuan JASP 16.4. Sedangkan untuk melihat efektiviotas media komik digunakan uji N-Gain Score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika komik berdimensi profil pelajar Pancasila ini memiliki karakteristik yaitu isi cerita pada komik menggambarkan aktivitas kehidupan sehari-hari yang biasa dialami peserta didik; konten cerita pada komik memberikan contoh sederhana perilaku-perilaku yang sesuai dengan karakter profil pelajar Pancasila. Namun memiliki keterbatasan aksesibilitas bagi peserta didik yang mengalami kesulitan baca atau gangguan belajar lainnya. Implementasi media komik matematika ini dilakukan sebanyak empat kali pertemuan. Siswa antusias dan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, Produk media komik matematika berdimensi profil pelajar Pancasila terbukti cukup efektif dengan rata-rata nilai N-Gain Score untuk motivasi belajar 55,217 dan karakter peserta didik 55,092. Juga dapat meningkatkan motivasi belajar serta karakter peserta didik. Uji paired sample t-test pada dua kelas di SD N 5 Sidorejo menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,001<0,05, sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan yang nyata motivasi belajar matematika dan karakter peserta didik antara pretest dan posttest. date: 2024-05-31 date_type: published pages: 301 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Syaifudin, NIM.: 22204085016 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KOMIK BERDIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66062/1/22204085016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66062/2/22204085016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf