relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66066/ title: MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU DAN PERINGKAT AKREDITASI DI SMP LENTERA HATI ISLAMIC BOARDING SCHOOLMANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU DAN PERINGKAT AKREDITASI DI SMP LENTERA HATI ISLAMIC BOARDING SCHOOL creator: Fitrianingsih, NIM.: 22204091013 subject: 371.2 Pendidikan - Manajemen subject: Instrumen Penilaian description: Peningkatan mutu pendidikan dan peringkat akreditasi merupakan salah satu prioritas utama dalam pengelolaan sekolah, terutama di institusi pendidikan berbasis agama seperti SMP Lentera Hati Islamic Boarding School. Manajemen strategik memainkan peran vital dalam mencapai mutu pendidikan berkualitas dan peringkat akreditasi yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi bagaimana Manajemen Strategik diimplementasikan di SMP Lentera Hati Islamic Boarding School dapat meningkatkan mutu pendidikan dan peringkat akreditasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dilaksanakan di SMP Lentera Hati Islamic Boarding School. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, ketua Tim Penjamin Mutu, Wakil Kepala bidang kesiswaan, wakil kepala bidang kurikulum, dan guru SMP Lentera Hati Islamic Boarding School. Objek material penelitian yaitu manajemen strategik. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dikumpulkan kemudian dilakukan kondensasi data, langkah selanjutnya data display, terakhir conclusions drawing. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa, pertama konsep implementasi manajemen strategik di SMP Lentera Hati Islamic Boarding dilakukan melalui beberapa langkah utama, yaitu: (1). Scanning lingkungan internal dan eksternal, scanning di analisis dengan analisis SWOT, scanning lingkungan internal bertujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari dari dalam SMP Lentera Hati Islamic Boarding School, kemudian scanning eksternal bertujuan untuk mengetahui peluang dan ancaman yang muncul dari luar SMP Lentera Hati Islamic Boarding School, hasil scanning lingkungan ini akan menjadi acuan dalam penentuan strategi dalam meningkatkan mutu dan peringkat akreditasi. (2) Formulasi strategi di SMP Lentera hati Islamic Boarding School dilakukan dengan perumusan visi, misi, tujuan, dan, perencanaan strategi spesifik, seperti pembelajaran inovatif berbasis teknologi, program ekstrakurikuler yang menarik dan relevan, meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran melalui manajemen SDM, branding melalui media sosial. serta rencana kerja jangka pendek, menengah, dan panjang, serta kebijakan strategi dalam meningkatkan mutu dan peringkat akreditasi dengan pengembangan kurikulum, peningkatan pasrtisipasi masyarakat, dan perbaikan berkelanjutan.(3). Pengimpelementasian strategi dilakukan dengan menjalankan program-program untuk meningkatkan mutu dan peringkat akreditasi. (4). Evaluasi berkala atas pencapaian strategi, evaluasi di SMP LHIBS dilakukan dengan incidental dan berkala, acuan dalam evaluasi menggunakan hasil rapot ANBK, dan beerdasarkan kinerja guru dan staff yang dilihat memalui aplikasi “molah gati”. Kedua, Dampak manajemen strategik memberikan peningkatan mutu pendidikan, peningkatan kualitas akreditasi, peningkatan kepuasan stakeholder, dan peningkatan berdaya saing. Implementasi strategi ini berhasil meningkatkan mutu pendidikan yang ditandai dengan peningkatan prestasi siswa dan kepuasan pemangku kepentingan. Peringkat akreditasi sekolah juga meningkat sebagai hasil dari perbaikan kualitas pendidikan dan manajemen sekolah. date: 2024-05-31 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66066/1/22204091013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66066/2/22204091013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Fitrianingsih, NIM.: 22204091013 (2024) MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU DAN PERINGKAT AKREDITASI DI SMP LENTERA HATI ISLAMIC BOARDING SCHOOLMANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU DAN PERINGKAT AKREDITASI DI SMP LENTERA HATI ISLAMIC BOARDING SCHOOL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.