<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MAHARAH AL- KALAM DENGAN PENDEKATAN NEUROLINGUISTIK DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 20204"^^ . "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam berbicara menggunakan bahasa Arab atau maharah kalām serta kurangnya minat siswa dalam mempelajari bahasa Arab. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini bisa terjadi karena kurangnya media pembelajaran yang menarik dan inovatif yang bisa mendukung siswa dalam mempelajari bahasa Arab atau mendukung kemampuan maharah kalam siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana design, penilaian ahli serta efektivitas penggunaan elektronik modul. Pendekatan neurolinguistik merupakan sebuah pendekatan yang mengoptimalkan sistem kerja otak dalam mempelajari bahasa asing, pendekatan neurolinguistik juga merupakan sebuah pendekatan yang dinilai mampu memberikan suasana kondusif dalam belajar karena sangat humanisme karena menggabungkan berbagai media yang dapat membangkitkan semangat siswa karena mengoptimalkan penggunaan indra penglihatan, mendengar, serta perasa siswa.\r\nDesain e-modul dengan pendekatan neurolinguistik dirancang dengan menggabungkan media audio, audio visual, visual, serta quiz dalam satu aplikasi e-modul tersebut agar bisa merangsang otak dalam penerimaan pembelajaran bahasa asing. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan mengacu pada modul ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik di SD Muhammadiyah Ambarketawang 3 Yogyakarta. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi dan test. Kemudian data angka yang terkumpul akan di analisis dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test dengan bantuan SPSS 23.\r\nHasil penelitian ini adalah: 1) Aplikasi e-modul dengan pendekatan neurolinguistik yang didesain oleh peneliti dilengkapi dengan audio, audio visual dan visual dalam penerapannya pemanfaatan pembelajaran yang dipadukan dengan menggunakan audio, audio, visual serta visual dapat bersinergi dalam mengoptimalisasi fungsi otak kanan dan otak kiri sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab. 2) Dalam mencapai kelayakan e-modul ini, sudah melewati uji kelayakan melalui ahli materi dan ahli media. Analisis kuesioner ahli materi mencapai hasil persentase rata-rata sebesar 97%, termasuk pada kategori sangat layak untuk digunakan. Analisis kuesioner ahli media mencapai hasil persentase rata-rata sebesar 94%, termasuk pada kategori sangat layak untuk digunakan. (3) Elektronik Modul ini melalui uji paired sample t-test untuk mengetahui pengaruh ini, dengan skor 0,000 yang berarti signifikan pengaruhnya. Selain uji tersebut, juga melalui penilaian guru dan peserta didik melalui kuesioner dengan skor penilaian guru 80% dan skor penilaian peserta didik sebesar 79%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul dengan pendekatan neurolinguistik sangat membantu dan menopang pemahaman siswa dalam memahami pembelajaran bahasa Arab karena mampu mengintegrasikan peran otak dalam pembelajaran baik dari segi psikomotorik, kognitif dan afeksi"^^ . "2024-05-29" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21204022002"^^ . "Rika Humairah"^^ . "NIM.: 21204022002 Rika Humairah"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MAHARAH AL- KALAM DENGAN PENDEKATAN NEUROLINGUISTIK DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 20204 (Text)"^^ . . . . . "21204022002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MAHARAH AL- KALAM DENGAN PENDEKATAN NEUROLINGUISTIK DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 20204 (Text)"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MAHARAH AL- KALAM DENGAN PENDEKATAN NEUROLINGUISTIK DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 20204 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MAHARAH AL- KALAM DENGAN PENDEKATAN NEUROLINGUISTIK DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 20204 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MAHARAH AL- KALAM DENGAN PENDEKATAN NEUROLINGUISTIK DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 20204 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MAHARAH AL- KALAM DENGAN PENDEKATAN NEUROLINGUISTIK DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 20204 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MAHARAH AL- KALAM DENGAN PENDEKATAN NEUROLINGUISTIK DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 20204 (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MAHARAH AL- KALAM DENGAN PENDEKATAN NEUROLINGUISTIK DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 20204 (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MAHARAH AL- KALAM DENGAN PENDEKATAN NEUROLINGUISTIK DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 20204 (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MAHARAH AL- KALAM DENGAN PENDEKATAN NEUROLINGUISTIK DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 20204 (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #66069 \n\nPENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MAHARAH AL- KALAM DENGAN PENDEKATAN NEUROLINGUISTIK DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 20204\n\n" . "text/html" . . . "492.78 Bahasa Arab - Media Pembelajaran" . .