eprintid: 66098 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 12253 dir: disk0/00/06/60/98 datestamp: 2024-07-22 02:10:32 lastmod: 2024-07-24 09:53:10 status_changed: 2024-07-24 09:53:10 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Diah Ajeng Purwani, - title: Laporan Hasil Penelitian kolaborasi antar perguruan tinggi KOMUNIKASI VISUAL AJARAN ISLAM DI MEDIA DIGITAL DALAM MEMPROMOSIKAN PERDAMAIAN ispublished: pub subjects: KD divisions: penelitian full_text_status: restricted monograph_type: project_report keywords: Komunikasi Visual, Media Digital, Perdamaian abstract: Pada penelitian ini ditemukan bahwa komunikasi visual ajaran Islam dalam mempromosikan perdamaian pada Milenial Yogyakarta dan Pekanbaru melalui Akun Instagram @yukngajijogja dan @yukngajipekanbaru terbagi menjadi beberapa hal, seperti penggunaan warna yang dinamis. Telah disebutkan dalam temuan penelitian warna yang dinamis berdasarkan wawancara yaitu warna retro yang mereka sebutkan tidak menjelaskan spesifikasi yang dimaksud seperti apa. Misalnya warna-warna nude seperti warna bumi/ earth tone yaitu cream, cokelat, putih, dan seterusnya. Namun dalam wawancara yukngaji Jogja sedikit menjelaskan arah retro ke vintage. Bagian kedua visualisasi aktivitas pembelajaran agama, seperti yang telah dianalisis dalam penelitian ini yaitu aktivitas penyampaian ajaran agama oleh komunitas tersebut melalui media sosial terbagi menjadi beberapa hal. Seperti aktivitas dokumentasi acara kajian agama, suasana belajar bareng, suasana kumpul atau diskusi bersama, suasana nongkrong sambil ngaji, suasana bermain muslik dan suasana lainnya. Adapun yang terahir berkaitan dengan penggunaan kosa kata yang mengandung SARA, seperti Segala bentuk konten dakwah yang diupload dalam platform sosial media kedua akun tersebut mengaskan supaya fokus terhadap trend anak muda, tidak terlalu religi, tidak terlalu keras. Titik pembuatan konten yang dinginkan seperti ini melalui beragam koreksi sampai kemudian di upload. Minat kajian yang digapai oleh para anak muda adalah hal-hal yang menyentuh secara duniawi semacam jodoh, hijrah, fashion, dan sebagainya. Hal ini menunjukkan strategi marketing dengan niche yang tepat, meskipun visualisasi konten tidak rapi dan konsisten serta rutin untuk dilakukan. date: 2023 date_type: published publisher: Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga place_of_pub: Yogyakarta institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga citation: Diah Ajeng Purwani, - (2023) Laporan Hasil Penelitian kolaborasi antar perguruan tinggi KOMUNIKASI VISUAL AJARAN ISLAM DI MEDIA DIGITAL DALAM MEMPROMOSIKAN PERDAMAIAN. Project Report. Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66098/1/Laporan%20Hasil%20Penelitian%20kolaborasi%20antar%20perguruan%20tinggi%20KOMUNIK.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66098/2/surat-surat-pernyataan1721613002.pdf