<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP TAUHID DAN HERMENEUTIKA SUFISTIK KH. M. ZEN SYUKRI DALAM KITAB “QUTUL QALBI” (Perspektif Hermeneutika Filosofis Hans-Georg Gadamer)"^^ . "Tesis ini membahas konsep tauhid dan penafsiran; interpretasi KH. M. Zen Syukri dalam naskah Qutul Qalbi; Santapan Jiwa. Hermeneutika sufistik sebagai buah dari perkawinan interaksi manusia dan al-Quran, dalam hal ini ialah seorang sufi juga mursyid tarekat Sammaniyah di Palembang. Dalam teori klasik tafsir sufi dipetakan ke dalam dua klasifikasi tendensius yakni “Falsafi-nazhari” dan “sufi-isyari”, keduanya dianggap mampu untuk menampung semua geliat corak tafsir sufistik. Dalam penelitian ini penulis melihat lebih dalam tentang konsep tauhid dan penafsiran yang dilakukan oleh KH. M. Zen Syukri serta unsur yang mempengaruhi dalam menafsirkan ayat al- Quran yang digunakannya sebagai landasan dan legitimasi pada karyanya yang berjudul Qutul Qalbi juga dipakai dalam pengajian tarekat Sammaniyah di Palembang. Penelitian ini menggunakan metodelogi penelitian kualitatif dengan jenis penilitian Libarary Research, menggunkan sumber data dari kitab-kitab dan buku yang terkait dengan objek penelitian, selanjutnya peneliti menganalisis data yang dikumpulkan dengan pendekatan analisis-kritis. Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini;(1) Bagaimana konsep tauhid yang ditawarkan dan Mengapa KH. M. Zen Syukri mewacanakan konsep tauhid yang ditulisnya dalam naskah “Qutul Qalbi”? (2) Bagaimana hermeneutika sufistik QS. al-Ikhlas 1-4 dalam naskah Qutul Qalbi dianalisis melalui kacamata hermeneutika filosofis Hans George Gadamer serta implikasinya? Melalui rumusan masalah di atas, penelitian kualitatif ini menyimpulkan bahwa konsep tauhid Kiai Zen yakni menuju ke yang satu (ahad), dengan segala af‟al, asma dan sifatnya. Adapun yang menjadi temuan baru ialah penekanan Kiai Zen pada “af‟al”nya Allah. Penulis menangkap definisi tauhid Kiai Zen bukan lagi pada “Laa Ma‟bud IllaAllah”, tetapi “Laa Fa‟ila IllaAllah”, Semua adalah atas perbuatan; kehendak Allah SWT. Serta, kondisi sosial masyarakat Palembang mengalami pergeseran tradisi yang disebabkan keragaman artikulasi keagamaan yang bersifat “fundamentalis”, pengkultusan, dan munculnya gerakan pembaharuan. sehingga merespon Kiai Zen untuk menuliskan karyanya, karena secara keilmuan Kiai Zen sudah terbangun sedari keluarga, juga unsur tarekat serta proses nyantri di bawah asuhan KH Hasyim Asy‟ari turut membentuk pribadi yang matang secara emosional dan keilmuan. Adapun interpretasi; tafsir Kiai Zen masuk pada kategori tafsir sufi; “sufi-isyari” sedangkan jika dibaca melalui kacamata hermeneutika filosofis Gadamer, Kiai Zen mampu menghasilkan makna baru. bahwa yang membedakan Islam dengan agama lainnya ialah ajaran “Tauhid Mutlak” yang tidak menegenal syirik, tidak menyekutukan Allah berdasarkan firman-firman-Nya dalam al-Quran yang diwahyukan sejak nabi Adam, a.s. sampai kepada nabi Muhammad Saw. Dengan menggunakan akal dan “tasdiq” hati serta hidayah dari Allah untuk mencapai “i‟tikad” terhadap keesaan Allah Swt. Implementasi yang dihasilkan adalah dapat menyatupadukan umat, mengandung asas amal, membentuk dasar yang kuat bagi kemajuan umat manusia, serta menciptakan akhlak yang luhur. Selaras dengan al-Quran bahwa umat Islam yang beriman adalah umat yang „khaira ummatin‟ adalah sebaik-baik umat."^^ . "2023-12-19" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 21200011069"^^ . "Fitra Rizkikah, S.Ag."^^ . "NIM.: 21200011069 Fitra Rizkikah, S.Ag."^^ . . . . . . "KONSEP TAUHID DAN HERMENEUTIKA SUFISTIK KH. M. ZEN SYUKRI DALAM KITAB “QUTUL QALBI” (Perspektif Hermeneutika Filosofis Hans-Georg Gadamer) (Text)"^^ . . . . . "21200011069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP TAUHID DAN HERMENEUTIKA SUFISTIK KH. M. ZEN SYUKRI DALAM KITAB “QUTUL QALBI” (Perspektif Hermeneutika Filosofis Hans-Georg Gadamer) (Text)"^^ . . . . . "KONSEP TAUHID DAN HERMENEUTIKA SUFISTIK KH. M. ZEN SYUKRI DALAM KITAB “QUTUL QALBI” (Perspektif Hermeneutika Filosofis Hans-Georg Gadamer) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP TAUHID DAN HERMENEUTIKA SUFISTIK KH. M. ZEN SYUKRI DALAM KITAB “QUTUL QALBI” (Perspektif Hermeneutika Filosofis Hans-Georg Gadamer) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP TAUHID DAN HERMENEUTIKA SUFISTIK KH. M. ZEN SYUKRI DALAM KITAB “QUTUL QALBI” (Perspektif Hermeneutika Filosofis Hans-Georg Gadamer) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP TAUHID DAN HERMENEUTIKA SUFISTIK KH. M. ZEN SYUKRI DALAM KITAB “QUTUL QALBI” (Perspektif Hermeneutika Filosofis Hans-Georg Gadamer) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP TAUHID DAN HERMENEUTIKA SUFISTIK KH. M. ZEN SYUKRI DALAM KITAB “QUTUL QALBI” (Perspektif Hermeneutika Filosofis Hans-Georg Gadamer) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP TAUHID DAN HERMENEUTIKA SUFISTIK KH. M. ZEN SYUKRI DALAM KITAB “QUTUL QALBI” (Perspektif Hermeneutika Filosofis Hans-Georg Gadamer) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP TAUHID DAN HERMENEUTIKA SUFISTIK KH. M. ZEN SYUKRI DALAM KITAB “QUTUL QALBI” (Perspektif Hermeneutika Filosofis Hans-Georg Gadamer) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP TAUHID DAN HERMENEUTIKA SUFISTIK KH. M. ZEN SYUKRI DALAM KITAB “QUTUL QALBI” (Perspektif Hermeneutika Filosofis Hans-Georg Gadamer) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #66144 \n\nKONSEP TAUHID DAN HERMENEUTIKA SUFISTIK KH. M. ZEN SYUKRI DALAM KITAB “QUTUL QALBI” (Perspektif Hermeneutika Filosofis Hans-Georg Gadamer)\n\n" . "text/html" . . . "297.211 Allah SWT, Tauhid" . .