relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66158/ title: KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 KABUPATEN JEPARA creator: Sholikin, NIM.: 22204085005 subject: 375.006 Pendidikan - Kurikulum description: Transformasi kurikulum menjadi tantangan tersendiri bagi pendidik. Terutama dalam kompetensi pedagogik yang berkaitan langsung dengan pelaksanaan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru pada Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Jepera, 2) untuk mengetahui implementasi kurikulum Merdeka pada Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Jepara, 3) untuk mengetahui faktor penghambat implementasi kurikulum Merdeka, 4) untuk mengetahui solusi permasalahan implementasi kurikulum Merdeka. Jenis penelitian menggunaka kualitatif yang berusaha menjawab pertanyaan yang menitikberatkan pada kesiapan kompetensi pedagogik guru dalam implementasi kurikulum merdeka. Sumber data penelitian tersebut adalah guruguru di MIN 2 Jepara yang telah melaksanakan kurikulum merdeka. Metode pengumpulan data adalah wawancara dan observasi. Metode wawancara dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang kesiapan kompetensi pedagogik guru, implementasi kurikulum merdeka, faktor yang menghambat implementasi kurikulum merdeka, dan solusi dari pelaksanaan kurikulum merdeka. Teknik analisis datanya melalui tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian, dan penyimpulan. Sedangkan uji keabsahan data adalah menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu. Hasil peneltian menunjukkan kesiapan pendidik dalam kurikulum merdeka adalah kesiapan dalam bidang akademik dan kesiapan kompetensi pedagogik, kesiapan akademik ditunjukkan dengan kepemilikan kualifikasi pendidikan dan sertifikat pendidik. Kesiapan kompetensi pedagogik dengan indikatornya adalah pemahaman terhadap peserta didik, pembelajaran yang mendidik, melaksanakan evaluasi, dan pengembangan potensi peserta didik. Implementasi kurikulum merdeka di MIN 2 Jepara fokus pada tiga domain yaitu pengembangan soft skill melalui Profil Pelajar Pancasila, pembelajaran dengan materi esensial, dan pembelajaran fleksibel. Faktor yang menghambat dalam implementasi kurikulum Merdeka adalah kurangnya pelatihan secara luring kepada guru, kurangnya perhatian dari instansi terkait, terbatasnya infrastruktur madrasah. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menyelenggarakan pelatihan secara mandiri, pemanfaatan infrastruktur madrasah secara maksimal. date: 2024-06-04 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66158/1/22204085005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66158/2/22204085005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Sholikin, NIM.: 22204085005 (2024) KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 KABUPATEN JEPARA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.