%0 Thesis %9 Skripsi %A Mutia Septiyanti, NIM.: 19101040088 %B FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA %D 2023 %F digilib:66230 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K minat baca; peranan; pojok baca sekolah; SMA N 1 Pajangan %P 149 %T PERANAN POJOK BACA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI SMA NEGERI 1 PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66230/ %X Pojok baca merupakan salah satu fasilitas yang telah disediakan sekolah sebagai tempat siswa membaca dan mengakses buku secara mandiri ketika berada di area sekolah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peranan pojok baca sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa di SMA Negeri 1 Pajangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu, serta membercheck. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, peranan pojok baca sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa di SMA Negeri 1 Pajangan, di antaranya yaitu: a) mendekatkan siswa dengan bahan bacaan, b) menambah wawasan dan pengetahuan siswa, c) mengisi waktu luang siswa, dan d) sebagai fasilitas tempat membaca yang menarik bagi siswa. Adapun kendala yang dialami sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa melalui pojok baca adalah koleksi buku yang belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan siswa, terdapat pojok baca yang penempatannya masih kurang tepat, tidak semua siswa melakukan aktivitas membaca buku ketika berada di pojok baca, serta kebanyakan siswa tidak mengisi buku presensi ketika berkunjung ke pojok baca. %Z Pembimbing: Arina Faila Saufa M.A