@phdthesis{digilib66247, month = {May}, title = {PENGARUH BEASISWA KIP-K DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENERIMA BEASISWA KIP-K ANGKATAN 2020 DAN 2021 FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20104090046 Khoirun Nisa}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Prof. Dr. Imam Machali, S.Pd.I., M.Pd.}, keywords = {beasiswa KIP-K; motivasi belajar; prestasi akademik}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66247/}, abstract = {Beasiswa KIP-K diberikan oleh pemerintah kepada mahasiswa yang kurang mampu supaya mahasiswa dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dengan lancar, meraih cita-citanya dan meningkatkan prestasinya. Mahasiswa yang berkomitmen untuk tetap menjadi penerima beasiswa KIP-K akan bersemangat meraih hasil belajar berupa IPK yang lebih tinggi dari IPK semester sebelumnya dan mempertahankan IPK agar tidak turun khususnya Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Tujuan dari penelitian yaitu : (1) Mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan antara beasiswa KIP-K terhadap prestasi akademik mahasiswa penerima beasiswa KIP-K. (2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa penerima beasiswa KIP-K. (3) Mengetahui pemgaruh beasiswa KIP-K dan motivasi belajar terhadap prestasi akadmeik penerima beasiswa KIP-K. Metode kuantitatif melalui analisiss deskriptif dan analisiss inferensial. Populasi penelitian ini adalah 136 mahasiswa penerima beasiswa KIP-K dari angkatan 2020 dan 2021. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin sehingga sampel berjumlah 101 mahasiswa penerima beasiswa KIP-K. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Beasiswa KIP-K (X1) terhadap Prestasi Akademik (Y) Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP-K. Nilai signifikansi pada variabel Beasiswa KIP-K adalah 0,300 yang menunjukkan lebih besar dari nilai 0,05 sehingga tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Artinya, H{\ensuremath{\alpha}}1 ditolak dan H?1 diterima. 2) Terdapat Pengaruh yang signifikan antara variabel Motivasi Belajar (X2) dengan variabel Prestasi Akademik (Y) Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP-K. Hasil tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Artinya H{\ensuremath{\alpha}}2 diterima dan H?2 ditolak. 3) Hasil penelitian menunjukkan pengaruh variabel beasiswa KIP-K dan Motivasi belajar terhadap Prestasi Akademik pengaruhnya 72,7\% secara bersamaaan sedangkan sisanya 27,3\% dipengaruhi oleh variabel yang lain yang tidak terdapat proporsi model regresi linier. Artinya, H{\ensuremath{\alpha}}3 diterima sedangkan H?3 ditolak.} }