%0 Thesis %9 Skripsi %A Khoirun Nisa, NIM.: 20104090046 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:66247 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K beasiswa KIP-K; motivasi belajar; prestasi akademik %P 169 %T PENGARUH BEASISWA KIP-K DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENERIMA BEASISWA KIP-K ANGKATAN 2020 DAN 2021 FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66247/ %X Beasiswa KIP-K diberikan oleh pemerintah kepada mahasiswa yang kurang mampu supaya mahasiswa dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dengan lancar, meraih cita-citanya dan meningkatkan prestasinya. Mahasiswa yang berkomitmen untuk tetap menjadi penerima beasiswa KIP-K akan bersemangat meraih hasil belajar berupa IPK yang lebih tinggi dari IPK semester sebelumnya dan mempertahankan IPK agar tidak turun khususnya Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Tujuan dari penelitian yaitu : (1) Mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan antara beasiswa KIP-K terhadap prestasi akademik mahasiswa penerima beasiswa KIP-K. (2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa penerima beasiswa KIP-K. (3) Mengetahui pemgaruh beasiswa KIP-K dan motivasi belajar terhadap prestasi akadmeik penerima beasiswa KIP-K. Metode kuantitatif melalui analisiss deskriptif dan analisiss inferensial. Populasi penelitian ini adalah 136 mahasiswa penerima beasiswa KIP-K dari angkatan 2020 dan 2021. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin sehingga sampel berjumlah 101 mahasiswa penerima beasiswa KIP-K. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Beasiswa KIP-K (X1) terhadap Prestasi Akademik (Y) Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP-K. Nilai signifikansi pada variabel Beasiswa KIP-K adalah 0,300 yang menunjukkan lebih besar dari nilai 0,05 sehingga tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Artinya, Hα1 ditolak dan Hο1 diterima. 2) Terdapat Pengaruh yang signifikan antara variabel Motivasi Belajar (X2) dengan variabel Prestasi Akademik (Y) Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP-K. Hasil tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Artinya Hα2 diterima dan Hο2 ditolak. 3) Hasil penelitian menunjukkan pengaruh variabel beasiswa KIP-K dan Motivasi belajar terhadap Prestasi Akademik pengaruhnya 72,7% secara bersamaaan sedangkan sisanya 27,3% dipengaruhi oleh variabel yang lain yang tidak terdapat proporsi model regresi linier. Artinya, Hα3 diterima sedangkan Hο3 ditolak. %Z Pembimbing: Prof. Dr. Imam Machali, S.Pd.I., M.Pd.