relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66249/ title: MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI TAHFIDZ EL MUNA Q KRAPYAK YOGYAKARTA creator: Laili Ulfatul Millah, NIM.: 20104090051 subject: 371.2 Pendidikan - Manajemen description: Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap pelaksanaan pendidikan di MI Tahfidz El Muna Q yang mana seiring dengan berjalannya waktu, peserta didiknya berhasil menorehkan prestasi yang memuaskan. Hal tersebut tidak lain adalah karena faktor sumber daya manusia dan faktor dari sumber daya yang lainnya. Khususnya adalah tenaga pendidik yang dituntut untuk professional atas kemampuannya dalam mendidik siswa. Namun, pada realitanya terdapat beberapa tenaga pendidik yang kualifikasi pendidikannya belum sesuai. Padahal tenaga pendidik merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kualitas mutu pendidikannya. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai pengelolaan atau manajemen sumber daya manusia khususnya untuk tenaga pendidik di MI Tahfidz El Muna Q. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif karena didalamnya memuat deskripsi mendetail dan penggambaran fenomena yang terjadi dari berbagai aspek termasuk aspek konteks, proses, dan interaksi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling (purposive sampling). Teknik pengambilan datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahapan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini sesuai dengan yang dikemukakan oleh Miles and Huberman yakni: data collection (pengumpulan data), data condentation (kondensasi data), display data (penyajian data), dan verification (kesimpulan). Kemudian dalam menjamin kredibilitas data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa: proses manajemen tenaga pendidik di MI Tahfidz El Muna Q melalui tahap perencanaan (analisis kebutuhan), pengadaan (penarikan, seleksi, dan penempatan), pembinaan dan pengembangan, promosi dan mutasi, pemberhentian, kompensasi, dan penilaian. Dalam manajemen tenaga pendidiknya terdapat beberapa tahapan yang masih kurang maksimal, namun demikian, tetap bisa berjalan dengan efektif sehingga memberikan dampak positif terhadap mutu pendidikan yang dapat dibuktikan dengan adanya kinerja tenaga pendidik serta prestasi yang berhasil diraih. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa manajemen tenaga pendidik itu penting untuk mendapatkan perhatian yang serius agar mutu pendidikan menjadi lebih baik karena kedua hal tersebut sangat berkaitan. Manajemen pendidikan perlu dijalankan dengan baik agar mendapatkan hasil proses yang maksimal. date: 2024-05-31 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66249/1/20104090051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66249/2/20104090051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Laili Ulfatul Millah, NIM.: 20104090051 (2024) MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI TAHFIDZ EL MUNA Q KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.