eprintid: 66305 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 13169 dir: disk0/00/06/63/05 datestamp: 2024-08-05 03:10:03 lastmod: 2024-08-05 03:10:03 status_changed: 2024-08-05 03:10:03 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 198307072023212034@uin-suka.ac.id creators_name: Afiyah Hasbiyallah, NIM.: 20104020012 title: TAHLIL MUSHKILAT TA'LIM AL LUGHAH AL ARABIYYAH FI FASL BARNAMAJ AL SA'AH AL TADRISIYYAH BI AL MADRASAH AL 'ALIYYAH AL HUKUMIYYAH 2 YOGYAKARTA LI AL SANAH AL DIRASIYYAH 2022-2023 ispublished: pub subjects: teo_pen divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Sistem Kredit Semester (SKS); Pembelajaran Bahasa Arab; Problematika Pembelajaran Bahasa Arab; Upaya Guru Dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. note: Pembimbing: Nurul Huda, S.S., M.Pd.l abstract: Pembelajaran bahasa Arab pada kelas SKS di mana peserta didik dan pendidik terkejar oleh waktu dan materi pembelajaran, pasti akan menghadapi beragam problematika dari aspek linguistik dan non liguistik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, pembahasan penelitian ini meliputi implementasi program SKS berbasis kurikulum merdeka pada mata pelajaran bahasa Arab, proble matika pembelajaran bahasa Arab serta upaya pengajar dalam mengatasi problematika yang ada pada kelas SKS di MAN 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dan menggunakan empat metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, impelementasi program SKS berbasis kurikulum merdeka diawali dengan tahap perencanaan, pengelolaan serta penerapan program pada pembelajaran bahasa Arab di kelas. Kedua, problematika linguistik yang ditemukan terdapat pada aspek tata bunyi, pembentukan kata, pembentukan kalimat, pemaknaan,dan aksara. Sedangkan problematika non linguistik yang ditemukan adalah latar belakang peserta didik, motivasi belajar peserta didik, desain buku pelajaran yang kurang menarik, kurangnya waktu pembelajaran, dan lingkungan berbahasa yang tidak mendukung. Ketiga, upaya yang dilakukan pengajar dalam mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab tersebut adalah dengan memvisualisasi kosakata, mempraktekkan kosakata yang diberikan, memberi pelatihan dasar kaidah imla’ di awal semester, mewujudkan suasana kelas yang lebih santai dan tidak menakutkan. date: 2024-03-08 date_type: published pages: 212 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Afiyah Hasbiyallah, NIM.: 20104020012 (2024) TAHLIL MUSHKILAT TA'LIM AL LUGHAH AL ARABIYYAH FI FASL BARNAMAJ AL SA'AH AL TADRISIYYAH BI AL MADRASAH AL 'ALIYYAH AL HUKUMIYYAH 2 YOGYAKARTA LI AL SANAH AL DIRASIYYAH 2022-2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66305/1/20104020012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66305/2/20104020012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf