%0 Thesis %9 Skripsi %A Andi Qadri Al-Aqsha, NIM.: 20104020017 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:66306 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Efektivitas; Media Pembelajaran; Vlog Arabiyah; Minat Belajar Siswa. %P 136 %T FA'ALIYYAH WASAYILAH MUDAWANAH AL VIDIO AL'ARABI FI TARQIYYAH AL IHTIMAM BI TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH LI TULAB AL SAF AL KHOMIS FI MADRASAH MA'ARIF DARUS SALAM PRAMBANAN AL IBTIDAIYYAH AL ISLAMIYYAH BI KLATEN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66306/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif tidaknya media vlog Arabiyah dalam meningkatkan minat belajar Bahasa Arab siswa kelas V di MI Ma’arif Darussalam Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket dengan model check-list. Karena jumlah sampel dalam penelitian ini relatif kecil, maka peneliti menggunakan statistik non-parametrik. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t berpasangan (paired t-test) yang dilakukan setelah menguji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, serta uji normalitas dan uji homogenitas sebagai syarat sebelum melakukan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media vlog Arabiyah efektif dalam meningkatkan minat belajar Bahasa Arab siswa kelas V di MI Ma’arif Darussalam Prambanan Klaten. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini juga dapat menjadikan media vlog sebagai media alternatif dalam pembelajaran Bahasa Arab di tingkat ibtidaiyah. %Z Pembimbing: Dr. Rohmatun Luk Luk lsnaini. S.Pd I.. M.Pd.l.