eprintid: 66309 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 13169 dir: disk0/00/06/63/09 datestamp: 2024-08-12 02:27:12 lastmod: 2024-08-12 02:27:12 status_changed: 2024-08-12 02:27:12 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 198307072023212034@uin-suka.ac.id creators_name: Annisa Svifaul Husna, NIM.: 20104020041 title: AL MUSHKILAT AL LUGHAWIYYAH WA GHAIRI AL LUGHAWIYYAH FI TA'LIM AL KITAB AL JURUMIYYAH LI FASL " AL AWALIYYAH AL THALATHAH" BI AL MADRASAH AL NAWANI AL DINIYAH JEJERAN LIL BANAT LI SANAH AL DIRASIYYAH 2023/2024 ispublished: pub subjects: 492.7076 divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Problematika Linguistik; Non Linguistik; Belajar Kitab Jurumiyah; Madrasah Diniyah note: Pembimbing: Dr, Dailatus Syamsiyah.S.Ag.. M.Ag. abstract: Penelitian ini membahas mengenai apa saja permasalahan mengenai linguistik dan non linguistik dalam pembelajaran Kitab Juruimyah santri kelas Awaliyah III Madrasah Diniyah An-Nawawi Jejeran tahun Ajaran 2023/2024. Tujuan penelitian ini adalah menunjukkan apa saja peroblematika linguistik dan non linguistik yang terjadi dalam pembelajaran Kitab jurumiyah serta upaya apa saja yang digunakan untuk menanggulangi problematika tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan dapat dijadikan bahan evaluasi agar pembelajaran dapat berjalan lebih baik lagi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika linguistik pada pembelajaran Kitab Jurumiyah ini terjadi pada aspek morfologi berupa hafalan bentuk kata santri yang lemah, aspek sintaksis berupa kurang menguasai mengenai aspek nahwu dasar, dan aspek semantik adalah perbendaharaan kata yang kurang, dan kurang membaca atau muthola’ah kitab. Sedangkan upaya yang dilakukan adalah dengan membuat program takroran di pondok pesantren, memaksimalkan program takroran dengan berdiskusi, memberikan jam tambahan apabila diperlukan. Dalam hal ini peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran yang direncanakan tidak dengan indikator yang jelas, maka proses berjalannya hanya akan berjalan sedemikian rupa yang mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak bisa diukur dengan jelas. date: 2024-05-28 date_type: published pages: 165 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Annisa Svifaul Husna, NIM.: 20104020041 (2024) AL MUSHKILAT AL LUGHAWIYYAH WA GHAIRI AL LUGHAWIYYAH FI TA'LIM AL KITAB AL JURUMIYYAH LI FASL " AL AWALIYYAH AL THALATHAH" BI AL MADRASAH AL NAWANI AL DINIYAH JEJERAN LIL BANAT LI SANAH AL DIRASIYYAH 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66309/1/20104020041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66309/2/20104020041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf