@phdthesis{digilib66354, month = {June}, title = {ANALISIS PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN JUMLAH JEMAAH UMRAH DI GAIDO TRAVEL \& TOURS SERANG BANTEN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20102040029 Avril Noer Utami Insani}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Muhammad Irfai Muslim, M. Si.}, keywords = {Pemasaran Digital, Jemaah Umrah, Promosi Layanan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66354/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya jumlah biro umrah di Indonesia, sehingga persaingan antara biro umrah sangat ketat dalam menawarkan pelayanan yang terbaik. Biro umrah Gaido Travel \& Tours berusaha untuk mempromosikan pelayanan dengan pemasaran digital, dengan tujuan agar diakses secara luas oleh Jemaah umrah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemasaran digital yang dilakukan Gaido Travel \& Tours telah menerapkan indikator dalam teori Yazer Nasdini yang dapat mempengaruhi peningkatan calon Jemaah umrah melalui pemanfaatan platform media sosial mereka untuk menjangkau audiens yang tepat dan memperkuat kepercayaan Jemaah, pemasaran digital belum sepenuhnya efektif karena masih menggunakan pemasaran campuran untuk mengikuti audiens dikalangan orang tua. Selain itu faktor pendukung saat strategi pemasaran digital seperti mudahnya akses media sosial di zaman sekarang, berkurangnya biaya promosi, adanya interaksi sosial melalui platform media sosial. dan faktor penghambat dalam pemasaran digital yaitu kurangnya fokus dalam mengelola media sosial dan adanya keterbatasan akses internet oleh target yang dituju oleh Gaido Travel \& Tours Serang Banten} }