eprintid: 66383 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/63/83 datestamp: 2024-08-08 06:37:49 lastmod: 2024-08-08 06:37:49 status_changed: 2024-08-08 06:37:49 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Muhammad Azmi Fathoni, NIM.: 19107020066 title: EKSISTENSI SEKOLAH DASAR ADZKIA BANJARNEGARA MELALUI POLA PENDIDIKAN SOSIAL BERBASIS FITRAH ispublished: pub subjects: 301 divisions: jur_sos full_text_status: restricted keywords: Pola Pendidikan Fitrah, Eksistensi, Habitus note: Pembimbing: Dwi Nur Laela Fithriya, S. IP, M.A. abstract: Pola pendidikan berbasis fitrah menjadi proses pembelajaran yang dianggap relevan, konkret, dan aplikatif untuk peserta didik. Pola pendidikan fitrah menekankan kemerdekaan pada peserta didik sebagai bentuk setiap individu merupakan versi terbaik dengan segala potensi yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme Sekolah Dasar Adzkia Banjarnegara mampu mempertahankan eksistensinya melalui pola pendidikan sosial berbasis fitrah. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah Sekolah Dasar Adzkia Banjarnegara yang didalamnya meliputi founder sekolah, kepala sekolah, tenaga pendidik, dan wali peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan sebagai pisau bedah analisis dalam penelitian ini adalah teori praktik sosial yang dikumandangkan oleh Pierre Bordieu. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa eksistensi atau cara Sekolah Dasar Adzkia Banjarnegara untuk mampu mempertahankan keberadaannya berkaitan dengan praktik yang dilakukan dalam melaksanakan proses pendidikan melalui mekanisme fitrah didalamnya, yang meliputi aspek habitus, modal, maupun arena. Habitus yang ditampilkan mengedepankan kenyamanan proses belajar peserta didik melalui mekanisme pembelajaran yang merdeka, relevan, maupun aplikatif dengan realitas sosial peserta didik. Didorong dengan modal yang terakumulasi memantapkan langkah sekolah untuk dapat menapaki arena pendidikan yang lebih luas, sehingga pola fitrah yang digunakan sebagai proses pendidikan dalam Sekolah Dasar Adzkia Banjarnegara mampu terwujud dan terus berkembang, terkhusus untuk peserta didik mampu mengembangkan potensi fitrahnya. date: 2024-06-20 date_type: published pages: 122 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muhammad Azmi Fathoni, NIM.: 19107020066 (2024) EKSISTENSI SEKOLAH DASAR ADZKIA BANJARNEGARA MELALUI POLA PENDIDIKAN SOSIAL BERBASIS FITRAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66383/1/19107020066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66383/2/19107020066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf