%0 Thesis %9 Skripsi %A Annisa Qotrunnada Munawwaroh, NIM.: 20104010061 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:66391 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Nilai PAI; Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila; Tunagrahita %P 233 %T KONTEKSTUALISASI NILAI PAI DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL (TUNAGRAHITA) TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SLB N 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2023/2024 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66391/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa anak disabilitas intelektual (tunagrahita) perlu didorong atau diingatkan berulang kali ketika pelaksanaan solat dan butuh proses panjang untuk memahami materi yang diajarkan ketika pembelajaran PAI. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan program baru yang berguna untuk menguatkan kompetensi dan kepribadian peserta didik berdasarkan profil pelajar Pancasila. Nilai-nilai yang ada dalam tiap dimensi selaras dengan nilai Pendidikan Agama Islam. Program ini menjadi sarana yang efektif untuk mengintegrasikan keduanya. Bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan P5 pada anak disabilitas intelektual (tunagrahita) tingkat sekolah menengah pertama dan (2) Menganalisis kontekstualisasi nilai PAI dalam P5 pada anak disabilitas intelektual (tunagrahita) tingkat sekolah menengah pertama di SLB N 1 Bantul tahun ajaran 2023/2024. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research. Informan penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, 1 koordinator P5, 1 fasilitator P5, 1 guru Pendidikan Agama Islam, 2 siswa tunagrahita, dan 1 orang tua siswa. Penentuan sumber data pada penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kemudian keabsahan data yang digunakan dengan uji kredibilitas data yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada anak disabilitas intelektual (tunagrahita) melewati tahapan perencanaan, praktik pelaksanaan, dan evaluasi. Mengambil tiga tema pilihan yaitu kearifan lokal, kewirausahaan, dan gaya hidup berkelanjutan. Dengan aktivitas kegiatan disesuaikan kemampuan siswa 2. Kontekstualisasi nilai PAI dalam pelaksanaan projek di SLB N 1 Bantul sudah berjalan baik dengan menghadirkan nilai-nilai yang meliputi nilai syariah dan nilai akhlak. Adanya nilai PAI ini berdampak positif terhadap pembentukan kepribadian dan sikap anak disabilitas intelektual (tunagrahita). %Z Pembimbing: Dr. Akhmad Sholeh, S.Ag., M.Si.