eprintid: 66399 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/63/99 datestamp: 2024-08-08 08:38:26 lastmod: 2024-08-08 08:38:26 status_changed: 2024-08-08 08:38:26 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Siti Nur Janah, NIM.: 20104080022 title: PENERAPAN METODE COMMUNICATION ORIENTED UNTUK MELATIH KEPERCAYAAN DIRI ANAK TUNAGRAHITA KELAS IV SD NEGERI SEMPU SLEMAN ispublished: pub subjects: 371.1 subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: communication oriented; kepercayaan diri; Tunagrahita note: Pembimbing: Izzatin Kamala, M.Pd. abstract: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui upaya melatih kepercayaan diri melalui penerapan metode communication oriented pada anak tunagrahita kelas IV SD Negeri Sempu Sleman. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kepercayaan diri anak tunagrahita setelah adanya penerapan metode communication oriented di kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif meliputi pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Hubberman. Subjek dalam penelitian ini antara lain guru kelas IV, guru pendamping khusus dan anak tunagrahita kelas IV yang berjumlah satu orang. Dari penelitian ini diharapkan dapat memperoleh informasi dan menambah wawasan mengenai penerapan metode communication oriented dalam melatih kepercayaan diri anak tunagrahita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode communication oriented dengan peningkatan kepercayaan diri anak tunagrahita kelas IV SD Negeri Sempu Sleman. Penerapan metode communication oriented dalam melatih kepercayaan diri anak tunagrahita kelas IV dilakukan dengan beberapa cara yaitu (1) Evaluasi kebutuhan siswa; (2) Penyesuaian materi; (3) Penggunaan sumber daya dukungan; (4) Pembelajaran berbasis; (5) Keterlibatan orang tua; (6) Lingkungan yang mendukung; (7) Penilaian. Dalam penerapan metode communication oriented tersebut juga dibantu dengan model pembelajaran cooperative learning. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode communication oriented efektif dan berhasil diterapkan dalam melatih kepercayaan diri anak tunagrahita kelas IV SD Negeri Sempu Sleman. date: 2024-05-03 date_type: published pages: 155 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Siti Nur Janah, NIM.: 20104080022 (2024) PENERAPAN METODE COMMUNICATION ORIENTED UNTUK MELATIH KEPERCAYAAN DIRI ANAK TUNAGRAHITA KELAS IV SD NEGERI SEMPU SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66399/1/20104080022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66399/2/20104080022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf