@phdthesis{digilib66400, month = {June}, title = {PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI BELAJAR ANAK USIA 4-6 TAHUN DI DUSUN DHUKU RT 02 JAMBIDAN BANGUNTAPAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17104030006 Anggi Novitasari}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Dra. Nadlifah, M. Pd}, keywords = {Orang Tua, Belajar, Anak Usia Dini}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66400/}, abstract = {Peran orang tua sangatlah penting dalam membantu anak-anak belajar dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah, terutama ketika belajar di rumah bersama orang tua. Namun, mendampingi dan membimbing anak dalam proses belajar bukanlah hal yang mudah bagi orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam mendampingi belajar anak usia 4-6 tahun, dan untuk mengetahui bagaimana anak menyelesaikan tugas-tugasnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan lokasi penelitian di Dusun Dhuku RT 02 Jambidan Banguntapan. Subjek penelitian terdiri dari 4 orang tua dan 4 anak. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, pengujian data, penarikan kesimpulan, serta uji keabsahan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Orang tua di Dusun Dhuku RT 02 Jambidan Banguntapan memiliki peran yang cukup baik dalam mendampingi anak-anak usia 4-6 tahun dalam proses belajar. Mereka berperan sebagai motivator, pengajar, fasilitator, pengawas, dan pendamping bagi anak-anak mereka. 2) Faktor pendukung orang tua dalam mendampingi belajar anak diantaranya adalah kesabaran, partisipasi aktif anak, dan semangat orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kesibukan orang tua yang bekerja, kondisi suasana hati yang tidak menentu, serta suasana rumah yang ramai sehingga mengganggu konsentrasi belajar anak} }