TY - THES N1 - Pembimbing: Yuli Kuswandari, S.Pd., M.Hum. ID - digilib66409 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66409/ A1 - Nurliana Imroatun Hasanah, NIM.: 20104010066 Y1 - 2024/05/29/ N2 - Kemajuan teknologi dan informasi berkembang sangat pesat. Akses Internet yang lebih cepat dan lebih terjangkau memungkinkan pembelajaran di sekolah meningkat. Pengguna dapat mengakses data dan aplikasi dari berbagai perangkat dengan mudah. Namun, berdampak buruk apabila digunakan dengan tidak semestinya. Oleh karena itu, pembelajaran di sekolah harus memanfaatkan teknologi yang ada. Salah satunya yaitu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji kelayakan produk berdasarkan para ahli dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4 D (define, design, development, and dessiminate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X 1 di SMA N 1 Sewon Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian komik digital menunjukkan skor rata rata dari ahli media adalah 3,50 dengan kategori ?Sangat Layak?. Sedangkan penilaian yang dilakukan oleh ahli materi mendapatkan skor rata rata 3,73 dengan kategori ?Sangat Layak?. Hasil penilaian uji coba produk memperoleh skor rata rata 3,32 dengan kategori ?Sangat Layak?. Berdasarkan hal tersebut komik digital dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam membantu belajar peserta didik PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pendidikan Agama Islam KW - Komik Digital KW - Media Pembelajaran M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA N 1 SEWON KABUPATEN BANTUL AV - restricted EP - 147 ER -