TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si ID - digilib66413 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66413/ A1 - Muhammad Haikal Abror, NIM.: 20104040003 Y1 - 2024/07/12/ N2 - Kemampuan yang diukur pada mata pelajaran matematika saat ini tidak hanya kemampuan pemahaman konsep secara umum saja tetapi juga kemampuan komunikasi matematis, yaitu mengkomunikasikan ide matematika dalam bahasa atau simbol matematika seperti gambar, grafik, atau aljabar. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis konstruk komunikasi matematis peserta didik SMA, (2) menganalisis kualitas instrumen penilaian kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMA, dan (3) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan langkah-langkah pengembangan yang meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan instrumen awal, (4) uji coba terbatas, (5) revisi produk awal, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi produk akhir. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas X di salah satu SMA di Kabupaten Sleman tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian berjumlah 146 peserta didik yang ditentukan menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen pengumpulan data yaitu lembar validasi. Teknik analisis data terdiri dari analisis validitas isi menggunakan expert judgement dengan kriteria validitas indeks Aiken, analisis validitas konstruk menggunakan confirmatory factor analysis (CFA), reliabilitas isi menggunakan formula Cronbach Alpha, reliabilitas konstruk dengan formula Construct Reliability (CR), analisis karakteristik butir dengan pendekatan teori tes modern menggunakan model analisis Partial Credit Model (PCM), dan analisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik berdasarkan hasil estimasi pola respon peserta didik yang diperoleh melalui analisis PCM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara konstruksi instrumen mencakup materi peluang berjumlah empat butir soal dengan tiga level kognitif yaitu level pemahaman, penerapan, dan menganalisis. Seluruh butir valid secara isi dengan nilai Aiken > 0,92 dan reliabel secara internal dengan skor 0,784 > 0,6. Butir satu, dua, dan empat valid secara konstruksinya (AVE=0,562) dan reliabel secara konstruksinya (CR=0,769). Tingkat kesulitan soal berada pada kategori baik dengan nilai b sebesar -2 < b < 2. Daya beda seluruh butir soal baik (D=1). Perpotongan kategori kurva ICC berada ditingkat sedang. Kurva IIC menunjukkan bahwa instrumen memberikan informasi paling baik dan akurat untuk peserta didik dengan tingkat kemampuan sedang. Butir soal yang cocok dengan pola respon (item fit) hanya butir soal dua. Respon yang cocok dengan instrumen (person fit) sebanyak 41,78%, dan yang tidak cocok sebanyak 58,22%. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kemampuan Komunikasi Matematis KW - Matematika SMA KW - Pengembangan Instrumen M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PELUANG PESERTA DIDIK SMA AV - restricted EP - 247 ER -