TY - THES N1 - Pembimbing: Raekha Azka, M.Pd. ID - digilib66415 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66415/ A1 - Siti Zahratul Kamilati, NIM.: 20104040023 Y1 - 2024/07/17/ N2 - Kemajuan teknologi menuntut guru untuk pandai memilih dan memanfaatkan media berbasis teknologi yang dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Salah satu media berbasis teknologi yang banyak digunakan adalah aplikasi Quizizz. Dalam aplikasi Quizizz menawarkan banyak mode yang berbeda untuk menyajikan kuis yang menarik. Mode yang banyak digunakan oleh guru adalah classic mode. Adapun mode yang belum lama dikeluarkan oleh Quizizz adalah paper mode. Dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membandingkan diantara paper mode dan classic mode pada aplikasi Quizizz, mode manakah yang lebih baik diterapkan dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammafiyah 7 Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII C dan VIII D tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pre-scale dan post-scale disposisi matematis dan pretest dan post-test kemampuan pemecahan masalah siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dengan sebelumnya melakukan uji prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Disposisi matematis kelas yang menerapakan pembelajaran dengan memanfaatkan paper mode Quizizz lebih baik dibandingkan dengan kelas yang memanfaatkan classic mode Quizizz. 2) Kemampuan pemecahan masalah kelas yang memanfaatkan pembelajaran dengan memanfaatkan paper mode Quizizz lebih baik dibandingkan dengan kelas yang memanfaatkan classic mode Quizizz. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Paper Mode Quizizz KW - Classic Mode Quizizz KW - Disposisi Matematis KW - Kemampuan Pemecahan Masalah M1 - skripsi TI - STUDI KOMPARATIF PEMANFAATAN PAPER MODE DAN CLASSIC MODE PADA QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA AV - restricted EP - 146 ER -