@phdthesis{digilib66416,
           month = {July},
           title = {PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI FUNGSI KUADRAT KELAS X},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA},
          author = {NIM.: 20104040025 Ardhina Wijayanti},
            year = {2024},
            note = {Pembimbing: Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd.},
        keywords = {LKPD, RME, Kemampuan Koneksi Matematis},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66416/},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis realistic mathematics education (RME) untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis peserta didik pada materi fungsi kuadrat kelas X yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE meliputi Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah tiga dosen pendidikan matematika sebagai validator ahli, tiga pendidik mata pelajaran matematika sebagai penilai kepraktisan produk dari segi pendidik, dan 2 kelompok peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sewon sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara, lembar validasi produk, lembar penilaian kepraktisan produk oleh pendidik, lembar angket respon peserta didik, dan lembar pretest-posttest kemampuan koneksi matematis. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan validasi ahli dengan perolehan rata-rata 87,67. Kepraktisan LKPD yang dikembangkan dinilai oleh pendidik dan peserta didik. Hasil penilaian LKPD oleh pendidik diperoleh rerata skor sebesar 36 yang tergolong pada kategori sangat praktis. Sementara itu, hasil perhitungan angket respon peserta didik juga menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan termasuk pada kategori praktis dengan rerata skor 67,76. Selain valid dan praktis, ketuntasan hasil posttest kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas eksperimen mencapai 88\% sehingga LKPD dinyatakan efektif untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis. Hal ini diperkuat dengan hasil uji hipotesis Independent Sample T-test dengan nilai sig. (2-tailed) 0,001{\ensuremath{<}} 0,05. Artinya, rata-rata kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Uji effect size yang dilakukan menunjukan pengaruh yang diberikan oleh LKPD yang dikembangkan dalam memfasilitasi kemampuan koneksi matematis termasuk pada kategori sedang. Dengan demikian, LKPD berbasis RME ini telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta layak digunakan untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis peserta didik pada materi fungsi kuadrat.}
}