%0 Thesis %9 Masters %A Diah Retno Ayuningtyas, NIM.: 21204082008 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:66434 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K scaffolding; realistic mathematics; critical thinking ability %P 212 %T EFEKTIVITAS PENERAPAN SCAFFOLDING BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66434/ %X Hasil survey Internasional mengenai pencapaian matematika siswa, menyatakan bahwa kemampuan kognitif dan literasi matematika siswa Indonesia tergolong rendah. Faktor yang memengaruhi rendahnya penguasaan matematika di Indonesia salah satunya adalah metode pembelajaran yang kurang menekankan siswa untuk berpikir kritis melalui pemahaman konsep. Teori belajar Piaget menyatakan bahwa anak usia sekolah dasar masuk dalam tahapan operational konkret, artinya anak dalam usia ini, proses berpikirnya cenderung konkret. Untuk itu, diperlukan metode pembelajaran yang dapat menjembatani hal tersebut. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti metode yang sesuai dengan tahapan perkembangan kognitif siswa sekolah dasar yaitu scaffolding berbasis matematika realistik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memaparkan proses penerapan scaffolding berbasis matematika realistik pada siswa kelas 5 MIN 1 Bantul, 2) mengetahui sejauh mana penerapan scaffolding berbasis matematika realistik efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. 3) mengetahui sejauh mana penerapan scaffolding berbasis matematika realistik efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis experiment research dengan quasi eksperiment. Sampel yang digunakan adalah pada kelas VA dan VB MIN 1 Bantul yang berjumlah 51 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen data menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data adalah analisis non parametrik dengan uji Mann Whitney dan uji N-Gain. Penelitian ini menghasilkan bahwa: (1) Proses penerapan scaffolding berbasis matematika realistik dengan sembilan kegiatan pembelajaran dan berjalan dengan efektif; (2) Penerapan scaffolding berbasis matematika realistik efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kategori cukup. (3) Penerapan scaffolding berbasis matematika realistik efektif terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada kategori efektif. %Z Pembimbing: Dra. Hj. Endang Sulistyowati, M. Pd.