TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd. ID - digilib66435 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66435/ A1 - Rinna Wahyuny, NIM.: 21204082021 Y1 - 2024/02/28/ N2 - Mengenalkan keterampilan hidup sejak dini pada anak merupakan langkah yang strategis. Mengajarkan, menanamkan, dan membiasakan anak dengan keterampilan hidup menyebabkan anak menjadi mandiri. Pemerintah dalam hal ini juga hadir untuk bisa memberikan bekal kecakapan hidup. Salah satu kecakapan hidup yang cocok untuk siswa adalah kecakapan vokasional atau kejuruan. Kecakapan vokasional mengandalkan keterampilan psikomotor daripada kecakapan berpikir ilmiah. Kecakapan vokasional bisa dimasukan dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Program kegiatan ekstrakurikuler menjadi sarana pengembangkan kreativitas anak. Perkembangkan kreativitas dan inovasi pada siswa akan memberikan potensi minat kewirausahaan. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) mengetahui konsep pelaksanaan ekstrakurikuler vokasional di SDIT Luqman Al Hakim Sleman, 2) mengungkapkan adanya pengaruh keaktifan siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler vokasional terhadap kreativitas di SDIT Luqman Al Hakim Sleman, 3) mengungkapkan adanya pengaruh keaktifan siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler vokasional terhadap minat kewirausahaan di SDIT Luqman Al Hakim Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis ex-post facto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler vokasional (menggambar, mewarnai, cinematography, robotic) berjumlah 69 siswa dan non ekstrakurikuler berjumlah 40 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dan uji korelasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Konsep pelaksanaan ekstrakurikuler yang beragam menjadi sebuah keunggulan di sekolah yang bertujuan untuk memfasilitasi minat dan bakat siswa. Adapun ekstrakurikuler vokasional yang dilaksanakan di SDIT Luqman Al Hakim Sleman ada empat yaitu, ekstrakurikuler menggambar, mewarnai, cineamatography dan robotic. (2) Keaktifan siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler vokasional berpengaruh signifikan terhadap kreativitas, hal ini dibuktikan dengan hasil Sig 0,009 < 0,05. (3) Keaktifan siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler vokasional berpengaruh signifikan terhadap minat kewirausahaan, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig 0,000 < 0,05. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - ekstrakulikuler vokasional; kecakapan vokasional; kreativitas; minat kewirausahaan; robotik M1 - masters TI - PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER VOKASIONAL TERHADAP KREATIVITAS DAN MINAT KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH DASAR AV - restricted EP - 210 ER -