%A NIM.: 22200011128 Eka Aprilianti %O Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Casmini, S.Ag., M.Si %T EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI STRES AKADEMIK MAHASISWA QUASI-EXPERIMENTAL DI PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok berbasis nilai-nilai Islam untuk meningkatkan resiliensi stres akademik pada mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yakni menggunakan konseling Kelompok dengan pendekatan rational emotive behaviour therapy dalam meningkatkan resiliensi stres akademik pada mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Teknik Purposive sampling digunakan untuk memperoleh subyek penelitian yang mengalami stres akademik. Subyek Penelitian adalah mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang berjumlah 8 (delapan) orang yang mengalami resiliensi stres akademik rendah. Konseling kelompok berlangsung dalam 4 (empat) sesi dan setiap sesinya berlangsung sekitar 60 menit sampai 90 menit. Penelitian ini dirancang menggunakan one group pre-test and post-test design (desain perlakuan ulang) dengan mengukur sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. Pengukuran resiliensi stres akademik biasanya dilakukan dengan menggunakan skala yang telah dikembangkan dan divalidasi oleh para peneliti di bidang psikologi pendidikan. Skala yang digunakan adalah Academic Resilience Scale (ARS-30) yang dikembangkan oleh Cassidy pada tahun 2016. Skala ini dirancang untuk mengukur tingkat resiliensi akademik siswa dan mencakup berbagai aspek seperti kemampuan mengatasi stres, adaptabilitas, dan ketahanan dalam menghadapi tantangan akademik. Skala dimodifikasi dalam model skala Likert yang dikalibrasikan dengan uji validitas dan koefisien reliabilitas. Uji Validitas butir dihitung dengan memakai koefisien Alpha Cronbach. Sedangkan uji persyaratan analisis untuk normalitas sebaran populasi memakai uji Kolmogrov-Smirnov. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis Uji Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rangk Test). Uji analisis dihitung dengan bantuan program SPSS for windows seri 19. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Konseling kelompok terbukti efektif meningkatkan resiliensi stres akademik dari kategori rendah (pre-test) menjadi kategori tinggi (post-test) setelah perlakuan. Hasil analisis ditemukan bahwa terdapat pengaruh berupa pengurangan perilaku agresif siswa antara skor pre-test dan post- test dengan nilai sign = 0,011; p > 0.05. Dari hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok berbasis nilai-nilai Islam efektif digunakan untuk meningkatkan resiliensi stres akademik mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Konseling Kelompok, Nilai-Nilai Islam, Resiliensi Stres Akademik %D 2024 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib66473