@phdthesis{digilib66554, month = {July}, title = {KOMODIFIKASI AGAMA ISLAM PADA VIDEO IKLAN ?SAFI, NO.1 HALAL SKINCARE DI MALAYSIA, KINI HADIR DI INDONESIA"}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20105040088 Nadia Amalia Hidayat}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Dr. Adib Sofia S.S., M.Hum.}, keywords = {Wacana yang didepolitisasi, Komodifikasi agama, Konsumen Muslim}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66554/}, abstract = {Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, memiliki sensitivitas akan konsumsi produk halal. Safi, melalui kemasan isi iklan bersimbol agama berusaha menimbulkan citra yang menarik hati khalayak konsumen Muslim. Simbol-simbol agama berupa teks, visual, suara, dan peristiwa terkemas menjadi realitas baru yang disuguhkan kepada khalayak konsumen. Agama terkomodifikasi dan berkelindan dalam proses produksi dan disuguhkan terus menerus kepada khalayak melalui media bernama iklan. Wacana yang didepolitisasi tersebut mempengaruhi khalayak dan membuat mereka terjebak dalam konsumsi produk Safi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran iklan dengan simbol-simbol agama yang ada pada video iklan "Safi, No 1 Halal Skincare di Malaysia, Kini Hadir di Indonesia". Penelitian ini dibantu oleh teori komodifikasi Vincent Mosco dan semiologi Roland Barthes. Tujuan penelitian adalah untuk mencari tahu proses komodifikasi isi, khalayak, dan pekerja, guna memahami rangkaian ?peran agama? dalam mempersuasi ?konsumen beragama?, dan untuk membaca ?makna simbol agama? yang tersembunyi dibalik iklan "Safi, No 1 Halal Skincare di Malaysia, Kini Hadir di Indonesia". Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan konsentrasi terhadap studi pustaka yang relevan dan pengamatan audio visual pada iklan objek penelitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana dalam iklan Safi telah didepolitisasi untuk kepentingan kapital. Hal tersebut diantaranya terdiri dari: 1) Safi menegaskan kehalalan produknya yang diuji di laboratorium halal, aman bagi umat Islam, 2) Produk Skincare Habbatussauda yang berbahan natural sesuai anjuran agama mampu menyerap hingga lapisan terdalam kulit wajah seorang muslimah. Sedangkan Komodifikasi agama tampak dalam beberapa aspek: nilai, isi, audiens, dan pekerja. 1) Komodifikasi nilai yang meliputi nilai halal, dan thayyib. 2) Komodifikasi isi yang meliputi penggunaan perempuan berkerudung, diksi seperti "Halal Research Institute pertama di dunia" dan "inovasi terkini melalui Safi Indonesia yang halal, natural, teruji", serta frasa "alhamdulillah, Safi hadir untuk kita". 3) Komodifikasi Audiens yang merasa terhubung secara emosional, spiritual, dan intelektual dengan produk Safi, yang tidak hanya memasarkan produk kecantikan tetapi juga memenuhi kebutuhan spiritual dan etis konsumen muslim. 4) Komodifikasi pekerja yang meliputi pemilihan model berkerudung, peneliti yang mematuhi prinsip-prinsip Islam, dan tim kreatif yang merancang narasi dengan daya tarik spiritual. Dengan demikian, Safi berhasil mengintegrasikan nilai-nilai agama ke dalam strategi pemasaran untuk menarik konsumen Muslim.} }