eprintid: 66619 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/66/19 datestamp: 2024-08-20 04:01:05 lastmod: 2024-08-20 04:01:05 status_changed: 2024-08-20 04:01:05 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Abdullah, NIM.: 20200011108 title: SISTEM DUKUNGAN BAGI PEMENUHAN HAK KEAGAMAAN UNTUK ANAK PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL : STUDI KASUS TPQLB YAYASAN SPIRIT DAKWAH INDONESIA DI YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 362.4 divisions: pek_sos full_text_status: restricted keywords: Disabilitas, Support System, Agama note: Pembimbing: Ro’fah, BSW, M.A, Ph.D abstract: Hak keagamaan di Indonesia merupakan hak yang dimiliki oleh setiap negara. Begitupun dengan anak penyandang disabilitas. Mereka berhak menerima akses kemudahan ke fasilitas agama, mendapatkan guru spiritual, bebas mengekspresikan dan mengimplementasikan nilai-nilai keagamaannya. Namun pada realitanya saat ini masih jarang sekali lembaga-lembaga agama yang ramah terhadap anak penyandang disabilitas. Sebagian besar dari lembaga ini masih belum menerapkan kurikulum pendidikan yang inklusif. Padahal agama bagi anak merupakan hal yang sangat penting untuk perkembangan anak penyandang disabilitas. tidak hanya peran lembaga, peran keluarga dan masyarakat pun menjadi bagian support system yang penting untuk mewujudkan hak keagamaan bagi anak penyandang disabilitas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik purposive sampling. Kemudian untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun tahapan analisis yang dilakukan meliputi membaca keseluruhan data, melakukan koding, memetakan tema-tema dan kemudian data diuraikan dalam bentuk narasi secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, dengan kegiatan TPQLB yang diselenggarakan oleh Yayasan Spirit Dakwah mampu memberikan pemenuhan bagi anak penyandang disabilitas untuk belajar agama, mengekspresikan dan mengimplementasikan nilai-nilai agama. Kedua, tidak semua subsistem memberikan dukungan yang optimal. Unsur-unsur pada mikrosistem, mesosistem dan ekosistem memberikan dukungan yang berbeda-beda kepada setiap santri TPQLB. Ketiga, implementasi peran pekerja sosial dalam pemenuhan hak keagamaan bagi anak penyandang disabilitas intelektual belum dapat diimplementasikan secara optimal. date: 2024-07-11 date_type: published pages: 136 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: Abdullah, NIM.: 20200011108 (2024) SISTEM DUKUNGAN BAGI PEMENUHAN HAK KEAGAMAAN UNTUK ANAK PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL : STUDI KASUS TPQLB YAYASAN SPIRIT DAKWAH INDONESIA DI YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66619/1/20200011108_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66619/2/20200011108_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf