%0 Thesis %9 Masters %A Salma Lulu Maknuna, NIM.: 22204021009 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2024 %F digilib:66666 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K hasil belajar; modul; pendekatan konstruktivisme %P 170 %T PENGEMBANGAN MODUL BAHASA ARAB BERBASIS KITAB AL-’ARABIYAH LINNASYIIN DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK SISWA KELAS X MBS YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66666/ %X Dalam ranah Pendidikan, buku memegang peranan penting dalam kelancaran proses pembelajaran di dalam kelas. Pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X MBS Yogyakarta menggunakan buku Al-’Arabiyah Linnāsyiīn jilid 4, mereka mengalami beberapa kendala dan kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab. Salah satunya adalah kesulitan mereka dalam memahami cerita bahasa Arab, kendala dalam mengerjakan latihan soal bahasa Arab, serta kesulitan mereka dalam penulisan kalimat bahasa Arab. Hal ini menjadi sebuah hambatan bagi siswa kelas X dalam mempelajari bahasa Arab. Maka dari itu perlu adanya modul pembelajaran bagi siswa kelas X dengan materi yang sesuai dengan pendekatan Konstruktivisme, sebuah pendekatan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan modul dengan pendekatan Konstruktivisme bagi siswa kelas X MBS Yogyakarta dan untuk mengetahui bagaimana efektivitas modul tersebut. Penelitian dengan jenis Research and Development ini menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation) dengan subjek penelitian 25 siswa kelas X I MBS Yogyakarta dengan desain uji efektivitas one group pretest-posttest design. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang menghasilkan modul cetak dengan judul ‘Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kelas X’ dengan jumlah halaman 110 lembar ukuran halaman B5 yang telah diuji kelayakan oleh ahli materi dan ahli media. 2) Hasil analisis pretest dan posttest hasil belajar mata pelajaran bahasa Arab 25 siswa kelas X I MBS Yogyakarta dengan teknik analisis Paired Sample T-test dihasilkan bahwa nilai t-hitung 12.417 > t-tabel 4.438 dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima serta nilai Sig. 2 tailed 0,00 < 0,05 yang dapat diinterpretasikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran bahasa Arab setelah menggunakan modul bahasa Arab Al-’Arabiyah Linnāsyiīn . Uji N-gain dengan hasil nilai rata-rata N-gain adalah sebesar 0.73 dengan klasifikasi sedang dan dapat disimpulkan bahwa tingkat efektifitas penggunaan produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah ‘cukup efektif’. %Z Pembimbing; Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I