%0 Thesis
%9 Skripsi
%A Nur Komalasari, NIM.: 20104010097
%B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
%D 2024
%F digilib:66669
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K ChatGPT; informasi; Atificial Intelligence; AI; kecedasan buatan
%P 117
%T PENGGUNAAN CHATGPT PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ANGKATAN 2020/2021
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66669/
%X Kehadiran teknologi kecerdasan buatan seperti ChatGPT menawarkan berbagai kemudahan dalam sektor akademik. Dalam konteks Program Studi Pendidikan Agama Islam di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, ChatGPT banyak digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas dan mencari materi perkuliahan yang kompleks. Namun, potensi ketergantungan mahasiswa pada ChatGPT dapat mengurangi kemampuan berfikir kritis. Selain itu bias atau kesalahan dan akurasi informasi yang diberikan tidak selalu diverifikasi oleh sumber yang kredibel, terlebih lagi jika menggunakan ChatGPT tidak berbayar atau GPT-3.5 yang memiliki akses terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tingkat penggunaan dan apa saja yang menjadi tujuan penggunaan ChatGPT di kalangan mahasiswa tersebut, dengan fokus pada persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan ChatGPT.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian campuran (mixed methods), yang datanya dikumpulkan melalui survei dan wawancara. Subjek penelitiannya yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam angkatan 2020 dan 2021 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan total partisipasi yakni 81 mahasiswa. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif.  Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Tingkat penggunaan ChatGPT pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta termasuk dalam kategori tinggi (N = 81, x̄ = 140, SD = 23,4). 2) Tujuan penggunaan ChatGPT pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam yakni antara lain untuk tujuan akademis dan rekreatif. Tujuan akademis diantaranya digunakan untuk mencari informasi tambahan seputar perkuliahan, memahami materi yang kompleks, dan menyelesaikan tugas. Sedangkan untuk tujuan rekreatif digunakan untuk mencari quotes dan sebagai teman bercerita atau teman mengobrol.
%Z Pembimbing: Sri Purnami, S. Psi., M.A.