eprintid: 66675 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/66/75 datestamp: 2024-09-03 03:26:31 lastmod: 2024-09-03 03:26:31 status_changed: 2024-09-03 03:26:31 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Homsani Nasution, NIM.: 22204031009 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINI BOOK BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: piaud full_text_status: restricted keywords: media pembelajaran; mini book; keterampilan menulis; Zona pembelajaran proximal Vygotsky note: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Erni Munastiwi, MM. abstract: Salah satu permasalahan literasi anak usia dini diantaranya belum terampil menulis huruf hijaiyah. Apabila dilihat dari kemampuannya menulis, terdapat beberapa siswa hanya menirukan atau menuliskan huruf hijaiyah belum terampil. Keterampilan menulis hijaiyah seharusnya menjadi perhatian para guru PAUD. Agar tujuan pembelajaran tercapai, guru terampil memilih media yang tepat. Salah satu media untuk meningkatkan keterampilan menilis huruf hijayaih bagi anak usia dini menggunakan mini book. Tujuan penelitian meneliti keefektifan media mini book belajar huruf hijaiyah. Metode penelitian menggunakan R&D dengan model pengembangan ADDIE (Analysis,Design, Developmenet, Implementation, and Evaluationt) . Responden penelitian anak kelompok B di RA Ar-Rafif Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 18-29 Maret 2024. Sampel penelitian peserta didik kelompok B di RA Ar-Rafif Yogyakarta yang berjumlah 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan pengumpulan penilaian skala likret. Uji validasi produk menggunakan uji efektifitas yaitu uji paired sampel t test dengan model one group Pre-test dan post-test Design Hasil penelitian menunjukkan: Tahapan pertama menganalisis peserta didik dilanjutkan mendesain, dan mengembangkan media, kemudian mengimplementasikan serta mengevaluasi media. Kedua, media pembelajran mini book bergambar efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf hijaiyah dibuktikan dari hasil analisis aspek pengenalan, penamaan huruf hijaiyah, pemahaman urutan huruf, dan menghubungkan pelafalan dengan huruf. Hasil uji eveftivitas dari penilaian pre-test sebesar 43% dan post-test 56%. Selanjutnya hasil uji analisis Paired sampel t-test diperoleh nilai Sig sebesar 0,001 date: 2024-06-10 date_type: published pages: 146 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Homsani Nasution, NIM.: 22204031009 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINI BOOK BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66675/1/22204031009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66675/2/22204031009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf