@mastersthesis{digilib66682,
           month = {June},
           title = {PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AL-IMLA? BAGI SANTRI KELAS VII DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI PONDOK PESANTREN MODERN NURUSSALAM BELITANG OKU-TIMUR},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA},
          author = {NIM.: 22204021010 Kabul Hidayah},
            year = {2024},
            note = {Pembimbing: Prof.Dr. H. Maksudin M.Ag.},
        keywords = {Bahan Ajar Al-imla?; keterampilan menulis; bahan ajar},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66682/},
        abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan santri dalam penulisan imla? Pondok Pesantren Modern Nurussalam Belitang Oku-Timur dalam menyambungkan kata/kalimat Bahasa Arab. Hal ini menyebabkan santri lemah dalam penulisan Al-imla?, oleh karena itu adanya penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui konsep pengembangan Bahan Ajar imla? model Problem Based Learning bagi santri di Pondok Pesantren Modern Nurussalam Belitang Oku-Timur. 2) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan desain Bahan Ajar Imla? bagi guru untuk santri di Pondok Pesantren Modern Nurussalam Belitang Oku-Timur. 3) Untuk mengetahui efektifitas penggunaan Bahan Ajar imla model Problem Based Learning bagi guru untuk santri dalam pembelajaran imla??. Penelitian ini termasuk kategori Research and Development (R\&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Rancangan), Development (Mengembangkan), Implementation (Penerapan), Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, angket dan test. Berdasarkan tahapan tersebut telah menghasilkan bahan ajar pembelajaran Al-imla? yang telah lolos uji validasi oleh ahli materi dan ahli media. Berdasarkan validasi atau penilaian dari ahli materi dan media pembelajaran berupa bahan ajar yang dikembangkan, total nilai yang diberikan oleh ahli materi sebesar 84\%. penilaian dari ahli media yang diberikan sebesar 79,2\% serta penilaian dari respon guru sebesar 92\%. Dari data tersebut dinyatakan bahwa produk yang dikembangkan pada bahan ajar Al-imla? layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan revisi. Berdasarkan hasil analisis Pre-test dan Post-test hasil pembelajaran imla? yang berjumlah 35 santri Pondok Pesantren Modern Nurussalam Belitang Oku -Timur dengan teknik analisis Paired Sample T-test dihasilkan bahwa nilai t-hitung 10,324 {\ensuremath{>}} t-tabel 2.032 dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima serta nilai sig. 0,00 {\ensuremath{<}} 0,05 yang dapat diinterpretasikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh terhadap hasil belajar keterampilan menulis santri kelas VII dengan menggunakan Bahan Ajar imla?, dan uji N-Gain dengan hasil nilai rata-rata sebesar 0,53 dengan klasifikasi sedang dan dapat disimpulkan bahwa tingkat efektifitas penggunaan produk yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu ?cukup efektif?.}
}