@mastersthesis{digilib66692,
           month = {July},
           title = {PENGARUH MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN CANVA TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA},
          author = {NIM.: 2204081019 Muhamad Supriadi},
            year = {2024},
            note = {Pembimbing: Dr. Andi Prastowo, S. Pd.I., M.Pd.I},
        keywords = {Interactive multimedia; Canva; learning interest; learning independence; IPAS},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66692/},
        abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang monoton sehingga berdampak pada rendahnya minat belajar dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh multimedia pembelajaran interaktif berbantuan canva terhadap minat belajar pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar 2) mengetahui pengaruh multimedia pembelajaran interaktif berbantuan canva terhadap kemandirian belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar 3) mengetahui pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbantuan canva terhadap minat belajar dan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental atau eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent comparison - group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling menghasilkan sampel kelas IV dari tiga sekolah yakni SDN Lempuyangan 1, Min 1 Sleman dan SD Muhammadiyah Karangbendo. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini melalui uji prasyarat, uji statistika dan uji hipotesis.
Hasil yang diperoleh: 1) Multimedia pembelajaran interaktif berbantuan canva berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV di sekolah dasar. hal ini dapat dilihat pada uji T yang menggunakan bantuan program SPSS versi 26 nilai minat belajar Sig.(2-tailed) yaitu sejumlah 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05, Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan bahwa Ha diterima. 2) Multimedia pembelajaran interaktif berbantuan canva berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV di sekolah dasar. hal ini dapat dilihat pada uji T yang menggunakan bantuan program SPSS versi 26 nilai kemandirian belajar Sig.(2-tailed) yaitu sejumlah 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05, Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan bahwa Ha diterima. 3) Multimedia pembelajaran interaktif berbantuan canva berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar dan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV di sekolah dasar. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji multivariate, memiliki nilai sig. Sebesar 0,000. Jika nilai sig. 0,000 ? 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ?terdapat pengaruh yang signifikan multimedia pembelajaran interaktif berbantuan canva terhadap minat belajar dan kemandirian belajar pada pembelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar.}
}