eprintid: 66744 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 13169 dir: disk0/00/06/67/44 datestamp: 2024-09-05 02:24:44 lastmod: 2024-09-05 02:24:44 status_changed: 2024-09-05 02:24:44 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 198307072023212034@uin-suka.ac.id creators_name: Indi Ramadhani, NIM.:18102030072 title: PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pmi divisions: jur_pmi full_text_status: restricted keywords: Konsumtif; dan Shopee note: Pembimbing: Muhamad Rashif Hilmi, S.Si., M.Sc. abstract: Saat ini perputaran globalisasi semakin maju dan berkembang, salah satunya di bidang teknlogi. Masyarakat semakin mengenal dan mengikuti perkembangan zaman, mengenal berbagai macam aplikasi dan platform sosial media. Salah satunya yaitu aplikasi belanja online Shopee yang dikenal sebagai aplikasi belanja online terbesar di Asia saat ini. Banyak orang beralih pada aplikasi belanja online karena dihitung lebih praktis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Shopee terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Teori yang digunakan oleh peneliti dalam menganalisa penelitian ini adalah teori masyarakat konsumsi yang dikemukakan oleh Jean Baudrilland. Adapun metode yang digunakan peneliti yaitu kuantitatif survei. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner disebarkan oleh peneliti melalui pesan whatsApp dalam bentuk google form metode analisis yang digunakan adalah uji regresi linear dengan perhitungan spss. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan hasil bahwa, hasil pengujian hipotesis menunjukan penggunaan aplikasi Shopee memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,457 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima, dapat disimpulkan bahwa variabel penggunaan aplikasi Shopee berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. date: 2024-08-13 date_type: published pages: 166 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Indi Ramadhani, NIM.:18102030072 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66744/1/18102030072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66744/2/18102030072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf