%A NIM.: 20102010026 Jadid Ilham Ramadhan
%O Pembimbing: Dra. Hj. Evi Septiani Tavip Hayati, M.Si.
%T REPRESENTASI PRIA METROSEKSUAL DALAM IKLAN YOUTUBE
PRODUK PERAWATAN DIRI KAHF
%X Di era globalisasi saat ini keberadaan pria metroseksual semakin meningkat, hal ini memberi angin besar bagi industri penunjang kebutuhan khusus pria. Meningkatnya pria metroseksual ini terjadi karena adanya pengaruh budaya Korea dalam merawat tubuh. Akan tetapi nilai-nilai metroseksual dianggap sangat berbeda pada
pandangan pria pada budaya Indonesia. Hal ini tidak lepas dari adanya peran media terutama iklan dalam membentuk citra pria terutama dalam meningkatkan kesadaran konsumen akan produk yang ditawarkan. Seperti bagaimana iklan Kahf dalam merepresentasikan pria metroseksual. Maka dengan persoalan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi pria metroseksual dalam iklan YouTube Kahf.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan metode analisis konten. Melalui Analisa semiotika dengan analisis Roland Barthes yang
mengidentifikasikan makna denotasi, konotasi, dan mitos.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pemaknaan tanda konotasi dan
mitos, serta indikator-indikator pria metroseksual pada ketiga iklan YouTube Kahf
tersebut menampilkan representasi pria metroseksual sesuai dengan indikatorindikator
yang dikemukakan oleh Kartajaya.
%K Semiotika; Representasi; Metroseksual; Iklan
%D 2024
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%L digilib66745