TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, S.Pd., M.Pd. ID - digilib66768 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66768/ A1 - Sofia Sahara, NIM.: 20104080001 Y1 - 2024/07/09/ N2 - Kemampuan membaca memiliki peran penting dalam perkembangan kemampuan sosial, kognitif, dan akademik anak. Salah satu dari kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa Sekolah Dasar adalah kemampuan membaca. Namun peneliti menemukan bahwa masih ada siswa di SD Muhammadiyah Suronatan yang mengalami kesulitan dalam kemampuan membaca, permasalahan yang dialami siswa termasuk kepada kesulitan membaca permulaan. membaca permulaan bertujuan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan akademik anak. Membaca yang menyenangkan menggunakan media game efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Tujuan pada penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui apakah Aplikasi Marbel Belajar Membaca efektif terhadap kemampuan membaca siswa berkesulitan membaca di kelas 3C SD Muhammadiyah Suronatan (2) Mengetahui seberapa Efektif Aplikasi Marbel Belajar Membaca terhadap kemampuan membaca siswa berkesulitan membaca di kelas 3C SD Muhammadiyah Suronatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Single Subject Research (SSR). SSR sebagai suatu metode penelitian eksperimen untuk melihat dan mengevaluasi suatu intervensi tertentu atas perilaku dari suatu subjek tunggal dengan penilaian yang dilakukan berulang-ulang dalam suatu waktu tertentu. Pada penelitian ini subjeknya adalah seorang siswa kelas 3 yang terindikasi siswa berkesulitan membaca Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, Tes (pretest dan posttest), dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis data subjek tunggal yaitu, analisis visual dalam kondisi dan analisis visual antar kondisi Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Aplikasi Marbel Belajar Membaca efektif terhadap kemampuan membaca siswa berkesulitan belajar. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan skor ketercapaian subjek yang didapat pada setiap fase saat sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan Aplikasi Marbel Belajar Membaca. Hal ini didukung dengan persentase perubahan kemampuan pada kondisi baseline (A1) kemampuan membaca subjek tidak terjadi peningkatan dan tetap stabil. Kemampuan membaca permulaan subjek masih dalam kategori kurang. Setelah diberikan intervensi berupa penggunaan Aplikasi Marbel Belajar Membaca, kemampuan subjek mengalami peningkatan menjadi kategori cukup. Pada kondisi intervensi (B). Lalu pada kondisi baseline 2 meningkat dalam kategori baik. Pada kondisi baseline (A2) kemampuan membaca subjek semakin meningkat dan sudah stabil dari pertemuan awal. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Aplikasi Marbel Belajar Membaca; Kemampuan Membaca; Media Pembelajaran. M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS APLIKASI MARBEL BELAJAR MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA BERKESULITAN MEMBACA DI KELAS 3C SD MUHAMMADIYAH SURONATAN AV - restricted EP - 161 ER -