@phdthesis{digilib66774, month = {August}, title = {EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20104050038 Rinda Rosyida Nafi?ah}, year = {2024}, note = {Pembimbing:Ari Cahya Mawardi, M.Pd.}, keywords = {Differentiated Problem Based Learning; Learning Independence; Effectiveness; Learning Style; Earth; Solar System}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66774/}, abstract = {Penyebab sulitnya pembelajaran fisika, permasalahannya terletak pada menurunnya motivasi belajar siswa. Agar siswa dapat secara sadar memperoleh pengetahuan sesuai dengan kebutuhannya sendiri, maka terlebih dahulu memperhatikan pentingnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Salah satu solusi untuk mengatasi rendahnya motivasi siswa adalah dengan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk Mengetahui efektivitas PBL terhadap kemandirian belajar siswa pada materi bumi dan tata surya Pada penelitian ini digunakan pendekatan pra-eksperimental dengan desain one-group pre-test and post-test. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling karena penelitian ini mempertimbangkan sifat populasi dan kriteria sampel yang diperlukan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen instrumen non tes berupa angket kemandirian belajar 14 butir dan Angket Gaya belajar 10 butir. Instrumen ini telah divalidasi oleh 4 validator ahli dari Dosen UIN Sunan Kalijaga Efektifitas PBL berdifirensiasi terhadap kemandirian belajar dapat diketahui dengan menggunakan uji N-gain dan Effect size dari hasil angket kemandirian belajar yang telah disebar. Dari hasil Ngain diperoleh skor 38,19 Termasuk dalam kategori sedang dan hasil effect size sebesar 1,60 Tergolong kategori tinggi. Sehingga model pembelajaran Problem Based Learning berdifirensiasi efektif terhadap kemandirian belajar siswa.} }