@phdthesis{digilib66775, month = {August}, title = {PENGEMBANGAN MODUL FISIKA TERINTEGRASI ISLAM DAN SAINS PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DAN PERUBAHAN IKLIM UNTUK SMA/MA KELAS X}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20104050032 Ahmad An?am}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Ari Cahya Mawardi, M.Pd.}, keywords = {modul fisika; integrasi Islam dan sains; pemanasan global}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66775/}, abstract = {Mengintegrasikan Islam dan sains ke dalam proses pembelajaran fisika dapat menjadi solusi untuk peserta didik dalam menanamkan nilai-nilai spiritual. Salah satu contoh ilustratif dari inisiatif yang dirancang untuk meningkatkan nilai spiritual peserta didik dan pendidik, sekaligus menambah pengetahuan ilmiah yang berkaitan dengan materi yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari adalah pengembangan modul fisika yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam pada materi pemanasan global dan perubahan iklim. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) mengetahui hasil pengembangan modul fisika terintegrasi islam dan sains pada materi pemanasan global dan perubahan iklim pada SMA/MA kelas X, (2) mengetahui kelayakan modul fisika terintegrasi islam dan sains pada materi pemanasan global dan perubahan iklim pada SMA/MA kelas X, (3) mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan modul fisika terintegrasi islam dan sains pada materi pemanasan global dan perubahan iklim pada SMA/MA kelas X. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R\&D) dengan menggunakan prosedur pengembangan model 4D, meliputi tahap Define, tahap Design, tahap Develop, dan tahap Disseminate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar penilaian, dan lembar angket respon peserta didik. Lembar penilaian menggunakan skala Likert dengan 5 skala penilaian. Sedangkan angket respon peserta didik menggunakan skala Guttman dengan 2 skala yaitu setuju dan tidak setuju pada angket respon. Hasil penelitian berupa (1) Menghasilkan modul fisika terintegrasi islam dan sains pada materi pemanasan global dan perubahan iklim untuk SMA/MA kelas X, (2) Kualitas modul fisika terintegrasi Islam dan sains yang dikembangkan oleh peneliti termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB), berdasarkan penilaian oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,95, sedangkan, pendidik fisika mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,47, (3) Respon dari peserta didik setuju.} }