eprintid: 66775 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/67/75 datestamp: 2024-09-06 02:09:38 lastmod: 2024-09-06 02:09:38 status_changed: 2024-09-06 02:09:38 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Ahmad An’am, NIM.: 20104050032 title: PENGEMBANGAN MODUL FISIKA TERINTEGRASI ISLAM DAN SAINS PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DAN PERUBAHAN IKLIM UNTUK SMA/MA KELAS X ispublished: pub subjects: 530.7 divisions: pr_pendidikan_fisika_s1 full_text_status: restricted keywords: modul fisika; integrasi Islam dan sains; pemanasan global note: Pembimbing: Ari Cahya Mawardi, M.Pd. abstract: Mengintegrasikan Islam dan sains ke dalam proses pembelajaran fisika dapat menjadi solusi untuk peserta didik dalam menanamkan nilai-nilai spiritual. Salah satu contoh ilustratif dari inisiatif yang dirancang untuk meningkatkan nilai spiritual peserta didik dan pendidik, sekaligus menambah pengetahuan ilmiah yang berkaitan dengan materi yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari adalah pengembangan modul fisika yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam pada materi pemanasan global dan perubahan iklim. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) mengetahui hasil pengembangan modul fisika terintegrasi islam dan sains pada materi pemanasan global dan perubahan iklim pada SMA/MA kelas X, (2) mengetahui kelayakan modul fisika terintegrasi islam dan sains pada materi pemanasan global dan perubahan iklim pada SMA/MA kelas X, (3) mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan modul fisika terintegrasi islam dan sains pada materi pemanasan global dan perubahan iklim pada SMA/MA kelas X. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur pengembangan model 4D, meliputi tahap Define, tahap Design, tahap Develop, dan tahap Disseminate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar penilaian, dan lembar angket respon peserta didik. Lembar penilaian menggunakan skala Likert dengan 5 skala penilaian. Sedangkan angket respon peserta didik menggunakan skala Guttman dengan 2 skala yaitu setuju dan tidak setuju pada angket respon. Hasil penelitian berupa (1) Menghasilkan modul fisika terintegrasi islam dan sains pada materi pemanasan global dan perubahan iklim untuk SMA/MA kelas X, (2) Kualitas modul fisika terintegrasi Islam dan sains yang dikembangkan oleh peneliti termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB), berdasarkan penilaian oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,95, sedangkan, pendidik fisika mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,47, (3) Respon dari peserta didik setuju. date: 2024-08-27 date_type: published pages: 163 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ahmad An’am, NIM.: 20104050032 (2024) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA TERINTEGRASI ISLAM DAN SAINS PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DAN PERUBAHAN IKLIM UNTUK SMA/MA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66775/1/20104050032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66775/2/20104050032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf