TY - THES N1 - Pembimbing: Suparni, S.Pd., M.Pd. ID - digilib66790 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66790/ A1 - Icha Wardani, NIM.: 20104040040 Y1 - 2024/08/14/ N2 - Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Selain itu, juga terdapat aspek yang harus diperhatikan yaitu self-confidence siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode Think Pair Share (TPS) terhadap komunikasi matematis dan self-confidence siswa b hkelas VII. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain non-equivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan pendekatan CTL dengan metode TPS dan pembelajaran ekspositori, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah komunikasi matematis dan self-confidence siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 9 Bantul tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 158 siswa yang terbagi menjadi lima kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal pretest-posttest komunikasi matematis siswa, prescale-postscale self-confidence, dan modul ajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji independent sample t-test untuk data hasil komunikasi matematis siswa adalah 0,021<0,05 ( PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - komunikasi matematis; CTL; Think Pair Share; bangun ruang sisi datar M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE PADA KELAS VII AV - restricted EP - 264 ER -