@phdthesis{digilib66795, month = {August}, title = {PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DENGAN KONTEKS ISLAMIC CULTURE UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20104040015 Ulya Shofirotur Rohmah}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Nurul? Arfinanti,? S.Pd.,? Si.,? M.Pd.}, keywords = {LKPD; RME; Islamic Culture; Kemampuan Numerasi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66795/}, abstract = {Penelitian? ini? bertujuan? untuk? mengembangkan? Lembar? Kerja? Peserta? Didik? (LKPD)? berbasis? RME? dengan? konteks? islamic culture untuk? memfasilitasi? kemampuan? numerasi? peserta? didik? pada? materi? aljabar? yang? valid,? praktis,? dan? efektif.? Produk? yang? dikembangkan? berupa? Lembar? Kerja? Peserta? Didik? (LKPD)? berbasis? RME? dengan? konteks? islamic culture? pada? materi? aljabar? yang? memenuhi? kriteria? kelayakan? valid,? praktis,? dan? efektif? untuk? memfasilitasi? kemampuan? numerasi? peserta? didik.? Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze ? Design ? Develop ? Implement ? Evaluate). Subjek uji coba produk untuk penilaian LKPD ini terdiri dari tiga ahli, dan peserta didik kelas VII E MTs Raudlatul Ulum tahun ajaran 2024/2025. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar angket respon peserta didik, dan lembar post-test. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kualitatif untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk. Berdasarkan hasil dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) LKPD berbasis? RME? dengan? konteks? islamic culture untuk memfasilitasi kemampuan numerasi peserta didik dikembangkan dengan 5 tahap pengembangan menurut ADDIE yaitu tahap analisis (Analyze), desain (Design), pengembangan (Develop), implementasi (Implement), dan evaluasi (Evaluate). Tahap awal dalam pengembangan dilakukan analisis kebutuhan, karakteristik dan kurikulum. Selanjutnya disusun desain produk dan dilakukan pengembangan produk sesuai desain. Produk yang telah dikembangkan kemudian divalidasi dan diujicobakan kepada peserta didik untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Tahap terakhir adalah evaluasi untuk menentukan kelayakan produk; 2) kualitas LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai rata-rata sebesar 282,5? dan memperoleh kriteria sangat baik. Respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan LKPD ini memperoleh nilai rata-rata 63,37? dengan persentase kepraktisan sebesar 79,21\%? sehingga LKPD ini dinyatakan praktis. Hasil tes kemampuan numerasi diperoleh persentase ketuntasan peserta didik sebesar 71,43\%? dari? total? peserta? didik? yang? ada? dan dinyatakan efektif. Dengan demikian, LKPD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta layak digunakan untuk memfasilitasi kemampuan numerasi peserta didik materi aljabar.} }