@phdthesis{digilib66797, month = {July}, title = {PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF ORIGAMI ELEPHO (ELEPHANT ORIGAMI) UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM AL-GHIFAR PALEMBANG}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20104030030 Olivia Edwin}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Dr. Lailatu Rohmah, S.Pd.I., M.S.I}, keywords = {Learning Media; Origami; Early Childhood Education; Preschool Children}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66797/}, abstract = {Pengoptimalan fungsi suatu media yang sering digunakan di lembaga PAUD penting untuk dilakukan sebab tingginya intensitas penggunaan APE Origami dan output stimulus yang hanya berorientasi pada kemampuan motorik halus saja. Padahal bila dilakukan pengembangan media APE Origami ini dapat mengoptimalkan penggunaan media yang potensial bagi peningkatan aspek perkembangan lainnya. Pengembangan media origami secara lebih lanjut dan mendalam belum pernah dikaji sebelumnya, padahal kebutuhan zaman yang semakin maju memerlukan banyak kompetensi-kompetensi baru yang diperlukan anak di kemudian hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas APE Origami ElephO di TK Islam Al-ghifar Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R\&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan ADDIE dengan gambaran tahapan Analisis- Design-Development-Implementation-Evaluaion. Data dalam penelitan ini diperoleh dengan dua cara dari validasi yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Dengan teknik analisis data menggunakan skala likert. Subjek penelitian ialah anak didik usia 5-6 tahun kelompok B TK Islam Al-ghifar Palembang sebsnyak 18 orang anak. Data dikumpulkan melalui kegiatan asesmen awal (wawancara), Angket, dan Dokumentasi Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (A) Uji validitas media APE Origami ElephO melalui 5 tahapan pengembangan yaitu (1) Analisis karakteristik kegiatan pembelajaran, intensitas penggunaan origami, dan kebutuhan peserta didik, (2) Design produk dengan menetapkan standar rancangan Origami Elepho dan menetapkan indikator dan kriteria penilaian, (3) Mengembangkan produk dan Memodifikasi produk, (4) implementasi atau pelaksanaan uji coba produk, (5) evaluasi. Uji validitas media menghasilkan persentase 89,3\% dengan kategori Sangat Layak oleh ahli materi dan 80\% dengan kategori Layak oleh ahli media pembelajaran. (B) Uji kepraktisan terhadap pengguna media memperoleh persentase 93,3\% dengan kategori Sangat Layak, (C) Efektivitas terhadap pengguna memperoleh statistik yang meningkat 38,5\% dari 37,1\% menjadi 75,6\%. Novelty dari penelitian ini adalah Penggunaan media pembelajaran APE Origami tidak hanya berguna untuk meningkatkan kemampuan motorik halus. Tetapi juga, mampu meningkatkan kemampuan kognitif pada aspek indikator belajar dan pemecahan masalah pada anak usia dini di TK Islam Al-ghifar Palembang.} }